Siapa yang tidak ingin punya momen lamaran pernikahan yang berkesan? Menikah itu hanya satu kali dalam hidup, bukan? Jadi, kenapa menyia-nyiakan momen berharga itu? Banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan agar lamaran pernikahan itu bisa diterima. Dari cara yang sederhana hingga cara yang membutuhkan banyak pengorbanan dan ide yang matang. Tapi bagi kamu yang ingin melamar, berikut ini ada beberapa cara memberikan kejutan lamaran pernikahan yang dijamin pasangan kamu akan mengatakan “Ya”:

  1. Melamar di tempat istimewa

Tempat istimewa bisa berarti suatu tempat yang sudah lama ingin dikunjungi, tempat favorit atau tempat pertama kali kalian bertemu. Tapi jika kamu ingin sesuatu yang unik, buatlah beberapa kartu petunjuk atau teka-teki yang bisa mengarahkan pacar kamu ke lokasi lamaran. Dengan begitu, pacar kamu akan penasaran dan dengan antusias mengikuti setiap petunjuk yang kamu berikan, dan pada akhirnya dia akan terkejut dengan apa yang kamu lakukan untuk dia. Romantis kan?

  1. Mengajak pasangan makan malam

Meskipun cara ini sudah sering dilakukan banyak orang, tetapi cara ini terbukti dapat melumpuhkan hati pasangan. Biasanya sebuah cincin akan disisipkan dalam makanan atau minuman. Atau bisa juga dengan bekerja sama dengan pihak restoran, seperti meminta mereka untuk memutarkan musik dan membawakan kue atau bunga sesuai dengan waktu yang telah diisyaratkan.

  1. Melamar di hari yang spesial

Kamu bisa memberikan pasangan kejutan lamaran pernikahan di hari ulang tahunnya. Selain bisa memberikan kejutan ulang tahun, kamu bisa membuat pasangan bertambah bahagia karena di hari yang spesial tersebut kamu melamarnya. Apalagi dengan disaksikan oleh seluruh keluarga dan teman-teman yang hadir di acara ulang tahunnya. Kamu bisa bekerja sama dengan party organizer untuk menyiapkan pesta ulang tahun sekaligus lamaran pernikahan yang sempurna. Berikan cincin lamaran sebagai hadiah terindah yang diterima oleh pasangan. Tidak hanya saat ulang tahun, hari Valentine juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk melamar pasangan kamu.

  1. Melakukan flashmob

Flashmob adalah gerakan yang dilakukan sekelompok besar orang yang secara spontan berkumpul di tempat umum, melakukan hal yang tidak biasa seperti berteriak, menari, mematung, dan kegiatan lainnya yang dilakukan secara bersama-sama.dengan tujuan tertentu. Mintalah bantuan pada teman-teman atau komunitas tertentu untuk membantu Anda. Flashmob biasanya dilakukan di tempat-tempat umum atau hiburan. Pada awalnya mungkin pasangan Anda akan terkejut dan kebingungan dengan perubahan sikap orang-orang disekitarnya, tapi tidak apa-apa, karena ada kamu yang bersedia melindungi bahkan di sepanjang hidup dia karena dia tidak akan bisa menolak cincin terpasang di jemari manisnya.

  1. Melamar melalui binatang kesayangan

Tidak hanya manusia, tetapi siapa mengira binatang juga bisa membantu kamu melamar pasangan kamu? Jika kamu atau pasangan kamu memiliki hewan peliharaan yang sudah dianggap seperti anak sendiri, manfaatkan dia untuk menyampaikan pesan lamaran kamu. Pasang pesan tersebut pada bagian kalung yang dipakai hewan peliharaan dan perintahkan untuk menghampiri pasangan kamu. Pasti ini bisa membuat pasangan tersenyum dan terharu karena selain lucu, tetapi juga romantis.

Dengan kata lain, kejutan lamaran pernikahan tidak selalu harus besar atau mewah, yang terpenting adalah keseriusan kamu untuk melanjutkan hubungan dengan pasangan kamu ke jenjang yang sangat serius, yaitu rumah tangga.