Bunga selain bisa digunakan sebagai tanaman hias, bisa juga Anda gunakan sebagai hiasan di dalam rumah Anda agar rumah terlihat lebih indah dari biasanya. Berikut ini kami telah merangkum 5 teknik merangkai bungan yang sederhana bagi Anda, selamat mencoba!

Layering

layering

Teknik ini disebut juga dengan nama stacking. Sesuai dengan namanya, teknik layering membuat bunga, daun, atau material lainnya berada dalam posisi yang seolah berlapis-lapis untuk menciptakan efek visual. Bagian tepi rangkaian yang menggunakan teknik ini mendapat perhatian paling banyak. Untuk ukuran, dapat disusun dari bunga terbesar ataupun sebaliknya.

Terracing

terracing

Sekilas, teknik terracing sama dengan teknik layering, hanya material untuk teknik ini lebih tipis untuk seolah menciptakan “kedalaman”. “Kedalaman” tersebut dapat diciptakan dengan bentuk desain yang bertingkat menyerupai tangga. Terracing mudah diterapkan pada bunga seperti lotus karena memiliki  permukaan atas yang datar.

Pave

Nama teknik ini dipinjam dari proses pembuatan perhiasan. Teknik pave membuat berbagai bunga yang dirangkai ditempatkan berdekatan satu sama lain. Ajaibnya, cara ini membuat setiap bunga yang ditempatkan masih memiliki identitasnya meskipun di saat bersamaan bentuk atau kesan keseluruhan rangakaian sednag dirancang.

Clustering

Teknik clustering juga membuat bunga yang dirangkai berada berdekatan satu dengan yang lain. Bedanya, teknik ini membuat tiap bunag yang dirangakai seolah kehilangan identitasnya. Dengan teknik ini, kelompok bunga terkesan menjadi satu bagian yang baru dan mengaburkan tiap bentuk dan kuantitas bunga. Bunga carnation merupakan pilihan yang tepat untuk teknik ini karena saat disusun bunga dapat melebur seperti menjadi satu bentuk baru.

Pillowing

Teknik ini merupakan variasi dari teknik clustering. Teknik pillowing menjadikan bentuk bundar sebagai fokusnya. Bukan bunga yang berbentuk bundar, melainkan susunan bunga yang dibuat bundar. Oleh sebab itu, sisi tajam pada rangkaian bunga tidak akan ditemukan dalam teknik ini. Bentuk yang lembut ini dapat digunakan sebagai kontras untuk bentuk-bentuk runcing di bagian manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *