Seperti kita ketahui, bunga melati sering digunakan dalam berbagai upacara adat di Indonesia. Selain itu, bunga melati juga dimanfaatkan untuk keperluan yang lain, seperti dijadikan bahan parfum, kosmetik, minuman, dan juga sebagai penghias rangkaian bunga.

3

Terdapat 200 jenis melati yang telah ditemukan , namun hanya baru 9 jenis yang dibudidayakan oleh masyarakat. Jenis-jenis bunga melati yang telah dibudidayakan oleh masyarakat antara lain:

2

Manfaat dari bunga melati sangatlah banyak. Manfaat bunga melati sebagai bahan kecantikan dan kesehatan mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Berikut 6 manfaat bunga melati sebagai bahan kecantikan dan kesehatan:

  1. Mengobati jerawat

Bunga melati memiliki khasiat untuk mengobati jerawat pada wajah. Kandungan antibakteri itulah yang dapat mengatasi masalah jerawat. Bunga melati dapat dioalh menjadi masker wajah. Cara membuatnya pun cukup mudah. Pertama-tama siapkan bunga melati yang sudah bersih secukupnya. Setelah itu tumbuk hingga halus. Lalu oleskan pada wajah yang berjerawat. Tunggu 10-15 menit, setelah itu bersihkan dengan air hangat. Lakukan dengan rutin agar mendapat hasil yang maksimal

  1. Mencegah penuaan dini

Meminum secangkir teh melati setiap hari dipercaya mampu menghambat penuaan dini. Bunga melati mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan pada kulit. Untuk terlihat lebih awet muda, hal ini dapat dibarengi dengan berolahraga secara rutin.

  1. Menghaluskan kulit

Sejak jaman dulu, bunga melati sudah dijadikan sebagai bahan kecantikan. Salah satunya untuk menghaluskan kulit tubuh. Jaman sekarang sudah banyak perawatan menggunakan bunga melati, contohnya lulur ekstrak bunga melati. Namun kita dapat membuat lulur bnga melati sendiri di rumah. Caranya cukup mudah. Pertama siapkan bunga melati secukupnya, lalu tumbuk hingga halus. Campurkan sedikit minyak zaitun atau air mawar sedikit saja. Lalu oleskan pada tubuh, dan gosok-gosok hingga sel-sel kulit mati rontok. Lakukan seminggu dua kali untuk hasil yang maksimal.

  1. Menurunkan demam

Daun dari bunga melati dapat digunakan sebagai penurun demam anak. Rendam daun bunga melati di air panas. Lalu gunakan air rendaman tersebut untuk mengompres anak.

  1. Mengobati sesak napas

Gunakan daun bunga melati untuk mengobati sesak napas. Siapkan 15-20 daun bunga melati yang sudah dicuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air. Seduh ketika masih hangat. Minum ramuan ini 2kali sehari.

  1. Mengurangi produksi ASI berlebihan

Banyak wanita yang menghasilkan banyak ASI saat masih menyusui. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakan daun bunga melati. Tumbuk daun bunga melati hingga halus. Lalu tempelkan tumbukan tadi ke daerah buah dada. Lakukan setiap hari sebelum mandi.

Itulah beberapa manfaat bunga melati dari sekian banyak manfaatnya. Semoga dapat bermanfaat. 🙂