Bunga Tulip adalah jenis bunga yang pastinya tidak mungkin tidak dikenal oleh kalangan pecinta bunga. Karena keindahan bentuk, warna, dan corak mahkota bunganya, tidak mengherankan banyak orang yang membudidayakannya dan memilih bunga ini sebagai hiasan di rumah, kantor, dan tempat-tempat lain. Tetapi siapa yang menyangka bahwa ternyata di balik keindahannya, bunga Tulip menyimpan beberapa fakta unik yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Jadi, langsung saja, mari kita bahas 9 fakta unik tentang bunga Tulip berikut ini:

  1. Dari mana asal bunga Tulip?

Anda mungkin akan langsung menjawab pertanyaan tersebut dengan “Belanda”, tetapi apakah Anda yakin dengan jawaban Anda? Sebenarnya, bunga Tulip berasal dari Asia Tenggara, dimana mereka ditemukan pada ratusan tahun yang lalu. Bunga Tulip kemudian diperkenalkan ke Turki dan pada akhirnya menjadi bagian yang penting bagi budaya lokal masyarakat di sana.

  1. Apa arti kata ‘Tulip’?

Kata ‘Tulip’ bermakna turban atau sorban dalam bahasa Turki, yang berarti bunga Tulip mirip dengan bentuk sorban. Alasan lainnya adalah karena masyarakat Turki sering mengenakan sorban yang dihiasi dengan bunga Tulip.

  1. Jangan tertipu dengan tampilan mereka

Bagian kelopak bunga Tulip bisa dimakan, tetapi rasanya sangat tidak menyenangkan. Mungkin Anda pernah menemui kelopak bunga Tulip di beberapa sajian piring makanan restoran, tetapi maksudnya adalah sebagai penghias makanan. Meskipun mereka memang memiliki tampilan yang menarik mata, tetapi mereka tidak bisa menyenangkan lidah Anda.

  1. Bisa mekar lebih awal

Menyimpan bunga Tulip di tempat yang sangat dingin, seperti refrigerator selama 12 minggu akan ‘memaksa’ umbi menumbuhkan bunga Tulip dan bunganya akan mekar lebih awal dari waktu biasanya.

  1. Mekar sangat lama

Agar umbi mekar pada musim semi, umbi tersebut harus ditanam pada musim panas. Hal ini karena spesies bunga ini memerlukan waktu yang panjang untuk melewati masa dorman atau tidur panjang.

  1. Bunga yang hampir sempurna

Sebagian besar spesies bunga Tulip memiliki bentuk yang simetris sempurna. Sehingga bunga ini sangat sesuai dijadikan sebagai hiasan centrepiece di meja makan di rumah atau rumah makan.

  1. Belanda sangat menyukai bunga Tulip

Bunga Tulip mulai dikenal oleh orang-orang dari bangsa Eropa pada abad 16. Dan pada abad ke-17, bunga Tulip menjadi sangat terkenal di Belanda. Hingga sekarang, Belanda adalah negara yang terkenal sebagai produsen dan eksportir yang paling besar di seluruh dunia. Bahkan ada masa keemasan yang terjadi selama 3 tahun, yaitu pada tahun 1634 – 1637, dimana penjualan harga bunga Tulip mencapai harga yang tinggi. Bahkan penjual bunga Tulip pada masa itu memiliki pendapatan yang 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan pendapatan seorang pengrajin perhiasan. Sehingga bunga Tulip dianggap lebih bernilai daripada perhiasan. Periode waktu itu disebut dengan Tulip Mania atau Tulipomania.

  1. Bunga Tulip adalah bunga yang mandiri

Bunga Tulip tumbuh yang berasal dari umbi. Jika tanaman biasanya tumbuh dari sebuah biji tunggal, bunga Tulip berbeda dari spesies tanaman lainnya dimana mereka memberi kehidupan bagi tanaman dan memberi nutrisi untuk mereka sendiri.

  1. Memiliki jenis bunga yang sangat banyak

Hingga sekarang, bunga Tulip yang dikenal oleh ilmuwan berjumlah 75 spesies. Tetapi sebenarnya bunga Tulip memiliki sekitar 3000 varietas yang telah ditemukan.