Bunga dengan bentuk unik dan berbeda tidak selalu mengerikan. Bahkan bunga bunga tersebut justru memiliki daya tarik tersendiri yang bisa membuat orang lain terpesona dengan bentuknya yang berbeda. Tak jarang orang yang melihat bunga unik tersebut akan memetik atau bahkan ingin mendapatkan bibit bunga tersebut dan menanamnya sendiri di taman-taman rumahnya.

Berikut ini adalah 5 bunga unik dan cantik yang akan membuatmu tercengang sekaligus terpukau

Jenis Bunga Dengan Bentuk Unik yang Langka

1. Hooker’s Lips (Psychotria elata)

Bunga dengan bentuk unik

Siapa sangka bibir merah nan merona hanya dimiliki oleh seorang wanita berparas cantik, bungapun juga tak mau kalah dengan penampilan seorang wanita rupanya. Seperti Hooker’s Lips Flower ini contohnya. Bunga ini memiliki penampilan yang sangat unik karena kelopaknya yang berbentuk seperti bibir seorang wanita yang memakai lipstrik merah tebal. Karena bentuknya yang seperti ini membuatnya dijuluki sebagai si Bibir Seksi. Bunga bibir ini tumbuh di tanah tropis dan bisa ditemukan di daerah hutan-hutan liar.

2. Flying Duck Orchid (Caleana major)

Bunga Anggrek dengan bentuk unik

Bunga ini sebenarnya merupakan kerabat dari bunga anggrek. Namun karena kelopak bunganya yang tidak terlalu mekar dan hanya berbentuk kuncup, jadilah kelopak bunga yang seperti seekor bebek. Uniknya lagi, bunga ini mendapat sebutan bunga bebek terbang. Hal ini karena bentuk kelopak lainnya yang tidak dapat mekar dengan sempurna yang pada akhirnya membuatnya seolah-olah memiliki sayap. Bayangkan! Bebek bisa terbang? Flying Duck Orchid ini bisa ditemukan di Australia, tepatnya di bagian timur dan selatan Benua Australia.

3. Snapdragon Seed Pod (Antirrhinum majus)

Bunga Unik dengan bentk tengkorak

Nama dan bentuk memang tak sesuai, tapi jangan khawatir, bunga ini tetap unik kok! Meski namanya snapdragon atau yang berarti naga, tapi bentuknya bukan seperti naga melainkan seperti sebuah tengkorak manusia. Daun ini dapat terbuka dan tertutup seperti mulut ketika daun bunganya diremas, hingga daun-daun tersebut layu dan hanya menyisakan benih kelopaknya saja. Kelopak inilah yang mempunyai bentuk seperti tengkorak manusia. Snapdragon Seed Pod ini dianggap sebagai bunga supranatural karena bentuknya yang terbilang menyeramkan. Anda bisa menemukan bunga ini di wilayah Amerika Serikat, Afrika, dan Eropa.

4. Monkey Face Orchid (Dracula simia)

Bunga dengan bentuk kepala monyet

Masih dalam varietas bunga anggrek, ada Dracula simia yang merupakan nama latin dari Monkey Face Orchid. Seperti namanya, bunga ini memiliki bentuk kelopak yang unik yaitu menyerupai seekor monyet dengan ekspresi yang berbeda-beda. Mulai dari tersenyum, terlihat giginya, cemberut, dan masih banyak lagi. Warna yang dihasilkan dari bunga monyet cukup beragam mulai dari ungu, coklat, dan kuning. Bunga Dracula simia yang sudah mekar, memiliki bau yang seperti buah jeruk yang wangi. Biar begitu, tetap jangan dimakan ya!

5. Dancing Girls (Impatiens bequaertii)

Bunga dengan bentuk unik yang cantik

Bunga Anggrek ternyata memiliki berbagai bentuk bunga yang unik-unik , ya! Seperti dancing girls ini contohnya, walaupun bunga ini tergolong bunga anggrek, namun tak seperti anggrek-anggrek lainnya loh. Impatiens bequaertii termasuk bunga yang langka yang berasal dari tanah Afrika Timur. Bunga ini memiliki kelopak yang sangat cantik dan mempesona seperti seorang penari. Jika kalian melihat dengan teliti lagi, bunga ini berbentuk sempurna dengan tangan terangkat layaknya seorang yang sedang menari dan lengkap pula dengan pakaian rok khas seorang penari. Unik bukan?

Itulah beberapa jenis bunga dengan bentuk unik yang pastinya membuat anda terpukau sekaligus tercengang, ternyata di dunia banyak sekali tumbuhan dan makhluk unik seperti bunga-bunga ini yang belum banyak diketahui. Semoga artikel ini bisa sedikit menambah wawasan tentang keanekaragaman di dunia ini. Sampai jumpa di artikel memeflorist berikutnya tentang Arti Warna Bunga Tulip.