Bunga hydrangea merupakan bunga yang banyak disukai oleh orang. Bahkan bunga hydrangea selalu ada disetiap toko bunga sebagai bagian dari rangkaian bunga mereka. Bentuknya yang unik dan cantik menjadi primadona bagi setiap florist.

Hydrangea merupakan bunga yang berasal dari Benua Asia Timur dan Asia Selatan tepatnya di negara Jepang, Tiongkok, Himalaya, dan Benua Amerika. Di setiap negara, akan memberikan penamaan yang berbeda pada bunga hydrangea ini. Ada yang menyebut bunga hydrangea dengan sebutan bunga hortensia. Namun bila di Indonesia, bunga hydrangea lebih dikenal dengan nama bunga bokor. Bahkan di Jepang sendiri, bunga hydrangea sangat terkenal dengan sebutan Ajisai.

Yang unik dari bunga bokor adalah gradasi warnanya yang berbeda-beda. Warna-warna bunga bokor ini ditentukan dari tingkat pH keasaman tanah. Warna dari bunga bokor diantaranya yaitu biru, pink, ungu, merah, dan juga putih. Perubahan warna dari bunga bokor juga ditentukan oleh usia bunga hydrangea itu sendiri. Ketika bunga bokor masih kuncup, bunga akan berwarna hijau. Lalu sedikit demi sedikit berubah menjadi putih, kemudian pada saat mekar bisa berwarna biru muda atau merah muda. Semakin tua usia bunga hydrangea, maka akan tua pula warna yang dihasilkan.

Nama Hydrangea sendiri diberikan oleh ahli botani bernama Grovonius yang menggabungkan kata Hydro yang berarti air dan angeion yang berarti kendi. Dari penamaannya bisa diambil kesimpulan bahwa bunga hydrangea ini tak dapat jauh-jauh dari air alias memerlukan banyak air.

Bunga bokor banyak digunakan sebagai rangkaian bunga. Baik itu untuk hiasan di ruangan maupun dirangkai menjadi bunga buket. Pemilihan bunga bokor sebagai bunga buket didasari pada warnanya yang beraneka macam. Bentuknya yang kecil bergerombol juga menjadi favorit tersendiri. Di acara pernikahan, bunga buket hydrangea sering dipakai sebagai hand bouquet bagi mempelai wanita. Kesan vintage yang dibawa oleh bunga ini mampu memberikan kesan mewah di acara pernikahan.

Simak Juga ulasan tentag Tips Meimilih Bunga Untuk Wanita

Selain itu, bunga bokor juga bisa dipakai untuk memberi ucapan terima kasih pada seseorang. Dengan aneka warna yang ada, Anda bisa memilih bunga bokor sebagai bahan rangkaian bunga yang mempesona.