Bunga mawar merah merupakan bunga yang terkenal akan keindahannya. Meski memiliki batang yang berduri, namun tak dipungkiri bahwa bunga mawar menyimpan sejuta pesona yang bisa memikat mata banyak orang. Mawar merah sendiri banyak difilosofikan sebagai lambang cinta sejati. Banyak muda-mudi yang memberikan bunga mawar dengan warna merah untuk menyatakan cintanya pada seseorang. Bahkan karena kepopulerannya ini, mawar merah sempat dijadikan tema sebuah lagu yang berbunyi ‘Bunga mawar merah satu tanda cinta. Yang berarti bahwa kucinta padamu..’

Lalu apa saja alasan yang menjadikan bunga mawar ini sangat populer di masyarakat? Berikut ulasannya.

3 Alasan Utama yang Menjadikan Bunga Mawar Merah Populer

Filosofi yang Dalam

Salah satu alasan mengapa bunga mawar ini sangat populer adalah karena maknanya yang dalam. Menurut sebuah kisah, mawar merah pernah populer diabad pertengahan karena banyak pengantin yang mengenakan mahkota dari mawar merah. Bukan tanpa alasan, tentu saja para pengantin ini mengharapkan sebuah kemurnian dan kesucian dari keturunan mereka kelak. Selain makna cinta sejati yang melekat pada mawar merah, ternyata bunga mawar merah ini juga menjadi lambang perdamaian dan kebahagiaan yang abadi.

Perawatan yang Mudah

Dari sekian banyak jenis tanaman yang berbunga, mawar merah merupakan salah satu jenis bunga yang mudah dalam perawatannya. Cara merawat bunga mawar merah tidak sesulit seperti merawat bunga lainnya. Sifat tanaman mawar yang tahan terhadap suhu panas dan kering menjadikannya sebagai bunga yang tak terlalu susah untuk dirawat. Untuk menghasilkan warna yang lebih cerah, bunga mawar memerlukan setidaknya 5-6 jam sinar matahari setiap harinya. Pengaturan sirkulasi udara juga merupakan hal yang tak terlalu sulit untuk dilakukan. Cukup letakkan bunga mawar di tempat terbuka dan terkena sinar matahari, dengan begitu embun yang menetes dan guyuran air hujan akan cepat mengering dan tidak membusukkan tanaman mawar.

Penyampai Pesan yang Baik

Selain untuk menyampaikan perasaan cinta, mawar merah juga terkenal sebagai penyampai permintaan maaf yang handal. Anda bisa menggunakan bunga mawar merah untuk menyampaikan maaf pada seseorang yang pernah Anda sakiti dan kecewakan. Memberikan bunga mawar merah pada seseorang bisa sedikit demi sedikit meluluhkan hati seseorang karena Anda dianggap benar-benar tulus meminta maaf atas perbuatan yang kurang baik di masa lalu.

Itulah beberapa alasan mengapa bunga mawar merah sangat populer di masyarakat luas. Selain keindahan fisiknya, ada banyak alasan yang bisa digunakan untuk membuktikan bahwa bunga mawar merah ini benar-benar dicintai banyak orang, seperti maknanya yang dalam dan juga perawatannya yang mudah.