Bunga mawar merupakan bunga yang sangat populer dan cenderung disukai oleh masyarakat umum. Bentuknya yang sederhana dan warnanya yang cerah menggoda membuatnya menjadi primadona di setiap toko bunga. Banyak orang yang membeli bunga mawar untuk diberikan sebagai kado hand bouquet untuk orang terkasih. Namun bagi orang yang senang berkebun, bunga mawar akan ditanam kembali untuk dijadikan hiasan di sudut-sudut ruangan ataupun meja rumah.

Untuk bunga mawar yang digunakan sebagai penghias sudut ruangan atau meja rumah, pasti membutuhkan perhatian khusus agar ketika diletakkan didalam vas, bunga mawar tersebut tidak mudah layu dan dapat hidup lebih lama. Ada beberapa bahan yang dapat membantu pertumbuhan bunga mawar agar lebih tahan lama di dalam vas, diantaranya:

5 Bahan untuk membuat bunga mawar tahan lama dalam vas

1. Air Bersih atau Air Segar

Air bersih atau air yang segar merupakan bahan yang paling mudah dicari dan paling mudah didapatkan. Air dalam vas yang terjaga kebersihannya akan membuat bunga mawar lebih dapat hidup tahan lama. Oleh karena itu, gantilah air dalam vas secara rutin dua kali sehari.

2. Cuka

Larutan cuka yang dicampur dengan air ternyata bisa digunakan untuk membunuh bakteri yang menempel pada tangkai bunga mawar, lho! Meski begitu, jangan terus mencampurkan larutan cuka terlalu banyak ke dalam air, karena hal ini bisa membuat bunga mawar menjadi terkontaminasi dan akhirnya malah mati. Cukup larutkan 1/4 sendok teh cuka ke dalam air vas dan rutin ganti airnya setiap hari. Dengan demikian, bunga mawar akan tetap berwarna seperti baru.

3. Gula

Larutan gula memang banyak manfaatnya. Tak terkecuali sebagai penyegar bunga dalam vas. Kamu bisa mencampurkan 3 sendok teh gula yang dilarutkan dalam air vas untuk menjaga agar bunga mawar tetap segar dan tahan lama. Selain itu, larutan gula juga bisa dipakai sebagai pembunuh bakteri jahat yang bisa merusak bunga mawar dalam vas.

4. Aspirin

Aspirin mungkin lebih dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan sakit, namun siapa sangka jika aspirin bisa juga digunakan untuk merawat bunga mawar agar lebih tahan lama. Kandungan penawar asam yang ada dalam aspirin dapat membantu bunga mawar untuk tetap menyerap air ketika diletakkan dalam vas. Anda cukup melarutkan 300 miligram tablet aspirin ke dalam air vas. Gantilah larutan ini rutin setiap hari. Dengan begitu, bunga mawar akan tumbuh lebih indah dari biasanya.

5. Koin Logam

Konon katanya, meletakkan koin logam ke dalam air vas bisa membuat tanaman atau bunga lebih tahan lama. Reaksi yang terjadi antara logam dan air dapat mencegah berkembangbiaknya bakteri pembunuh bunga mawar itu sendiri. Meski cara ini terdengar aneh, namun tak ada salahnya jika kamu mencoba agar bunga mawar dapat tumbuh lebih lama.

[Artikel terkait: Cara Merawat Bunga Mawar Agar Selalu Terjaga Kondisinya. Tidak Sulit! ]

Itulah beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membuat rangkaian bunga mawar tahan lama dalam vas. Semua bahan tersebut sangatlah mudah untuk didapatkan di sekeliling kita. Jadi tak ada salahnya untuk mencoba di rumah ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.