Tidak dipungkiri lagi bahwa keindahan bunga memang sudah menjadi favorit banyak orang. Terutama bunga yang sangat familiar di Indonesia. Bunga-bunga tersebut sudah menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Bunga tersebut biasanya digunakan untuk diberikan kepada orang yang dicintai. Selain indah juga bunga mengandung makna-makna tertentu. Berikut ini adalah beberapa daftar bunga yang terkenal di Indonesia.

Edelweiss (Anaphalis javanica)

Bunga Yang Populer Di IndonesiaSalah satu bunga yang sangat familiar bagi para pecinta pendaki gunung, apa lagi kalau bukan Edelweiss. Edelweiss ini hanya tumbuh disekitar pegunungan dengan ketinggian sekitar 3000 mdpl. Oleh sebab itu bunga ini hanya bisa ditemukan di puncak gunung saja.

Edelweiss adalah tanaman berbunga dan bunga inilah yang sering kali menjadi incaran untuk dikoleksi. Dan sering kali juga dijuluki sebagai bunga abadi karena bunga yang dihasilkan mampu bertahan lama.

Sebenarnya bunga Edelweiss yang abadi itu merujuk pada bunga everlasting flower yang berasal dari tanaman Leontopodium, sebuah tanaman yang hanya tumbuh di pegunungan Alpen. Sementara bunga Edelweiss yang sering kali ditemukan adalah Anaphali javanica, atau Edelweiss jawa.

Bunga Edelweiss jawa termasuk sebagai tanaman endemik yang banyak ditemukan di daerah pegunungan di Jawa, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Lombok. Meski area penyebarannya cukup banyak, akan tetapi bunga Edelweiss ini mulai mengalami kelangkaan. Bahkan di wilayah gunung Bromo, tengger Jawa Timur, bunga Edelweiss ini sudah dianggap punah.

Bunga Anggrek (Orchidaceae)

Salah satu jenis bunga yang paling banyak di budi dayakan adalah Anggrek. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya jenis yang dimiliki oleh tanaman yang bersifat epifit ini. Bahkan salah satu jenisnya diajukan sebagai bunga nasional dengan julukan puspa pesona untuk Anggrek Bulan.

Anggrek atau Orchidaceae memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan tanaman berbunga lainnya. Anggrek hidup dihabitat yang cukup gelap, meski tetap membutuhkan matahari, akan tetapi intensitasnya tidak sebesar tanaman lainnya. Karena itu Anggrek biasa ditemukan di kedalaman hutan, tumbuh diantara pepohonan besar, dibawah batu atau semak belukar.

Habitat tempat hidup Anggrek termasuk unik sebab bisa ditemukan di semua belahan dunia kecuali antartika, meski habitat terbanyak dari Anggrek adalah daerah tropis. Dua negara dengan habitat Anggrek terbesar adalah Brazil dan Indonesia. Karena itulah banyak juga Anggrek asal Indonesia yang merupakan endemik dan termasuk Anggrek langka di dunia.

Bunga Mawar (Rosa hybrida)

Bunga Yang Populer Di IndonesiaBunga Mawar ini mempunyai julukan Queen of Flower, bunga tersebut di beri julukan itu karena  bunga Mawar memiliki keunikan yang khas. Bunga Mawar selain memiliki bentuk yang indah juga memiliki aroma yang menarik.

Biasanya bunga Mawar ini memiliki warna-warna yang terang seperti merah, merah muda, putih dan ungu. Selain berdasarkan warna, jenis bunga juga terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan habitat tumbuhnya, diantaranya ada Hybrid tea, Floribunda, Polyantha, Grandiflora, dan Climbing rose.

Hybrid tea mempunyai bunga tunggal dengan ukuran relatif lebih besar. Memiliki tangkai yang panjang dengan susunan bunga yang kompak. Jenis bunga Mawar ini juga sering di jadikan sebagai bunga potong.

Floribunda memiliki tangkai yang lumayan panjang dengan bunga yang berpadu menjadi satu dalam satu rangkaian agak besar.

Polyantha memiliki satu rangkaian bunga berukuran kecil.

Grandiflora merupakan gabungan dari bunga Mawar berjenis hybrid tea dan floribunda, sehingga seringkali dimanfaatkan sebagai bunga potong atau tanaman taman.

Dan yang terakhir yaitu climbing rose adalah bunga Mawar yang tumbuh merambat dengan jenis bunga yang beragam mulai dari bunga tunggal dan rangkap.

Bunga Melati (Jasminum)

Bunga Yang Populer Di IndonesiaBunga Melati termasuk tanaman perdu dengan memiliki ciri dengan berbatang tegak dan hidup menahun. Sementara pada bunganya sendiri umumnya berwarna putih dan ungu serta memiliki wangi nya yang sangat khas. Aroma nya ini sering dimanfaatkan untuk bahan pembuatan kosmetik, pewangi pakaian atau ruangan, bahan untuk medis, serta aroma pada teh.

Melati termasuk keluarga pohon zaitun yang termasuk juga dalam semak dan tanaman merambat. Memiliki 200 jenis species yang tersebar di berbagai belahan dunia khususnya yang memiliki iklim tropis dan hangat seperti di Eurasia, Australia dan Oceania.

Bunga Matahari (Helianthus annuus)

Bunga Yang Populer Di IndonesiaBunga Matahari biasanya berwarna kuning dengan berwarna gelap bagian tengahnya. Memiliki bunga dengan diameter 4,8 cm sampai 9,6 cm, pada beberapa varietas bahkan mencapai hingga 30 cm. Biasanya memiliki batang yang tumbuh tinggi dengan akar merambat atau berbonggol besar.

Bunga Matahari merupakan salah satu bunga yang bersifat musiman. Berasal dari negara Meksiko dan Peru yang ditanam sebagai komoditas perkebunan. Meski demikian Bunga Matahari ini diakui oleh Negara Tiongkok sebagai negara nasional mereka dan di akui pula oleh negara bagian Kansas, Amerika Serikat.

Diberi nama Bunga Matahari sebab bentuk bunganya menyerupai matahari yang tengah bersinar. Selain itu Bunga Matahari juga memiliki kebiasaan unik yang menjadikan alasannya diberi nama bunga matahari, yaitu selalu menghadap ke arah matahari atau dikenal dengan istilah Heliotropisme. Karena itu orang perancis sering kali menyebut Bunga Matahari dengan julukan tournesol atau pengelana matahari.