Wanita yang mngenakan mahkota bunga pasti akan terlihat sangat cantik dan anggun layaknya seorang ratu atau putri raja. Tidak mengherankan jika wanita sangat menyukai aksesoris ini. Flower crown atau mahkota bunga ini bisa dikenakan oleh segala usia dan dikenakan di berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, pesta kebun, dan pesta-pesta lainnya. Membuat flower crown tidak memerlukan waktu yang lama dan caranya cukup sederhana.

Bahan yang Anda perlukan untuk membuat flower crown adalah kawat tipis yang mudah dibengkokan dengan tangan, solasi warna, lem yang dapat merekat kuat (jangan menggunakan lem kertas), pita dengan warna yang cerah (optional), bunga, dan daun. Setelah bahan-bahan tersebut terkumpul, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Bentuk kawat

Ambillah kawat lalu bentuk lingkatan sesuai dengan ukuran kepala Anda. Setelah itu gunakan solasi warna untuk melapisi kawat agar terlihat halus dan tampak seperti dahan bunga asli.

  1. Hias dengan pita

Jika Anda ingin menghias flower crown menggunakan pita, maka lakukan sebelum bunga ditempelkan. Namun jika tidak ingin menambahkan pita, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap yang selanjutnya.

  1. Tempelkan bunga dan daun

Sebelum menempelkan bunga dan daun yang telah Anda siapkan, silahkan buat pola bunga dan daunnya agar terlihat menarik. Buatlah kemungkinan pola bunga dengan mamainkan perbedaan ukuran, bentuk, dan warna bunga dan daun yang sudah Anda siapkan.

Namun, jika Anda memerlukan cara lain yang lebih mudah dan cepat, Anda bisa menggunakan bando yang terbuat dari plastik atau logam. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pita. Pita bisa merupakan bahan yang optional, tidak masalah jika Anda tidak menginginkan penambahan pita pada bando. Pita akan menutupi seluruh permukaan bando. Anda bisa memilih warna pita sesuai selera, namun disarankan warna pita adalah hijau agar terlihat seperti ranting bunga asli. Kemudian tempel bunga dan daun dengan pola yang sudah didesain sebelumnya, dengan menggunakan lem yang kuat.

Jika Anda menggunakan kawat sebagai ranting, bagian kawat yang bisa ditempel berbagai bunga adalah bagian atas atau luar lingkaran. Letakkan bunga yang terbesar di bagian terdepan mahkota. Susun bunga dengan ukuran yang semakin kecil hingga ke belakang mahkota dan semua bunga menghadap ke arah yang sama. Susunan bunga tidak harus sejajar, tetapi Anda bisa merekatkan bunga satu dengan yang lain secara merapat. Sisakan sedikit ruang untuk disisipkan daun. Jika Anda selesai dengan pola susunan bunga pada mahkota Anda, tinggalkan dan biarkan hingga lem mengering.

Untuk membuat flower crown, disarankan Anda memilih bunga yang memiliki ranting atau dahan yang elastis. Jangan memilih bunga dengan ranting yang kaku karena akan mudah patah ketika akan dibentuk. Hindari juga bunga yang memiliki duri di rantingnya. Selamat mencoba!