Banyak wanita yang gemar merangkai dan menanam bunga. Selain untuk mempercantik ruangan di rumah, kegiatan merangkai bunga juga bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Bahkan jika wanita tersebut memiliki keterampilan khusus untuk membuat rangkaian bunga dengan indah, tentu saja kegiatan yang cuma untuk mengisi waktu luang dapat menjadi ladang bisnis yang menguntungkan.

Meletakkan bunga dalam vas merupakan cara yang paling mudah dalam merangkai bunga. Cukup menentukan bunga mana yang sesuai dengan selera kamu, lalu mengikuti langkah-langkah merangkai bunga dengan tepat. Bungamu pasti akan menjadi rangkaian yang akan mempercantik ruangan rumah.

Berikut ini merupakan cara merangkai bunga dengan cepat dan mudah.

5 Tahap Cara Merangkai Bunga Yang Indah

1. Memilih Vas Bunga

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih vas yang sesuai dengan bunga dan tempat. Ukuran tangkai yang berbeda-beda tentu ikut menentukan vas mana yang akan digunakan. Untuk bunga yang bertangkai pendek, pilihlah vas yang pendek dan sedikit berbentuk bulat. Sedangkan bunga yang memiliki tangkai panjang, Anda bisa menggunakan vas yang lebih tinggi.

Usahakan untuk memilih vas yang berasal dari kaca atau plastik, dan hindari vas berbahan dasar logam. Karena bahan logam memiliki kandungan ethylene yang akan cepat membusukkan bunga yang kamu rangkai. Nggak mau kan, sudah capek ngerangkai tapi malah membusuk begitu saja?

2. Bersihkan Vas Bunga

Setelah memilih vas yang tepat, bersihkan terlebih dahulu vas bunga yang akan kamu gunakan. Kamu perlu memastikan apakah vas bunga tersebut bebas dari debu dan kotoran. Debu dan kotoran yang ikut tercampur dengan air akan menimbulkan bakteri yang akan menghambat pertumbuhan bunga. Oleh karena itu, bersihkan dulu vas bunga dengan air bersih.

3. Isi Vas Dengan Air

Sebelum merangkai bunga, kamu harus sudah mengisi vas tersebut dengan air segar dan bersih. Ada beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan dalam pemilihan air. Jika kamu ingin merangkai bunga yang segar, kamu bisa mengisikan air dingin di dalam vas bunga tersebut dan menempatkannya pada ruangan gelap. Dengan begitu bunga akan lebih tahan lama, lho! Tapi jika bunga yang akan kamu rangkai masih berbentuk kuncup, kamu bisa mengisinya dengan menambahkan air hangat. Dengan begitu bunga akan mekar lebih cepat, lho!

4. Potong Batang Bunga

Memotong batang bunga di tiap-tiap ujungnya, akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kesegaran bunga. Batang yang sudah dipotong akan mudah menyerap kandungan nutrisi dalam air. Gunakan pisau cutter untuk memotong batang bunga tersebut. Kamu bisa menggunakan posisi memiring ke kanan atas ke kiri, seperti sedang memotong cabai. Buang pula dedaunan di batang bagian bawah agar tidak membusuk terkena air dalam vas.

5. Mulailah Merangkai Bunga

Merangkai bunga merupakan langkah akhir yang dilakukan. Setelah mendapatkan bunga yang sesuai, usahakan untuk segera menata bunga tersebut dan meletakkannya pada vas yang sudah diisi air. Kamu bisa menambahkan batang-batang berdaun dan menambahkan bunga-bunga kecil untuk kesan yang lebih ramai. Hanya menimbulkan kesan, ya! Bukan berarti harus penuh karena kamu tidak dianjurkan untuk merangkai bunga dengan tatanan yang terlalu bergerombol dan penuh. Hal ini akan menghambat pertumbuhan bunga dalam vas tersebut. Setelah semua terangkai, kamu bisa meletakkannya di meja-meja ruangan kamu loh! Dan, jangan lupa untuk mengganti air dalam vas setiap dua hari sekali.

Simak Juga artikel memeflorist lainnya tentang Contoh rangkaian bunga meja kerja yang cantik

Demikian cara merangkai bunga dengan mudah dan cepat dari. Tak perlu keterampilan khusus untuk membuat rangkaian bunga yang sesuai keinginan, cukup perhatikan langkah-langkah diatas dan segera praktekkan di rumah. Selamat mencoba.