Aloe Vera atau lebih dikenal sebutan tanaman lidah buaya ini merupakan tanaman tropis sekulen yan memiliki bentuk seperti daun berdaging. Daun ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan maupun bahan kecantikan. Lidah buaya sendiri merupakan tanaman yang sangat terkenal di Indonesia. Selain karena kenampuan bertahan hidup yang luar biasa ( karena dapat hidup di banyak tempat ).

Lidah buaya juga merupakan tanaman yang unik karena mengandung berbagai senyawa biologis aktif seperti mannans asetat, polymananas, antrakuinon dan berbagai lektin. Bukan hanya itu, lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang sudah dikenal bermanfaat dalam pengobatan herbal.

cara-alami-mengatasi-stretch-mark

Beberapa industri telah memanfaatkan tanaman lidah buaya ini diantaranya industri kecantikan, kesehatan, makanan dll. Karena banyaknya fungsi dari tanaman lidah buaya, tanaman ini cukup banyak diburu untuk mereka yang menyadari akan manfaat lidah buaya. Selain namanya yang unik “lidah buaya” tanaman satu ini juga memiliki beberapa fakta unik di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Lidah buaya kerap disebut dengan istilah ‘lily of the desert’ karena konon, lidah buaya dapat bertahan hidup di gurun
  • spesies lidah buaya di dunia diperkirakan mencapai angka 2000, tersebar di berbagai belahan dunia
  • pada 1862, menurut catatan sejarah, ditemukan selembaran kertas yang ditengarai terbuat dari tumbuhan bergerigi ini. Geroge Ebers, penemunya, memperkirakan kertas tersebut dibuat 3500 tahun BC, pada masa Mesir Kuno.

Selain fakta menarik diatas, tanaman lidah buaya juga memiliki sejumlah manfaat. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Berikut beberapa manfaat dari tanaman lidah buaya :

  • Shampo dan kosmetik lidah buaya. Kandungan aktif lidah buaya yang telah berhasil dikenali oleh para ahli antara lain: 18 jenis asam amino, 20 mineral, dua belas vitamin, 75 nutrisi, dan banyak senyawa aktif lainnya. Kandungan tersebut sangat baik untuk digunakan sebagai bahan dasar berbagai kosmetik. Di samping itu, lidah buaya pun baik digunakan untuk membuat shampo.
  • Obat sembelit. Lidah buaya rupanya juga memiliki bagian yang mengandung molekul dengan fungsi melancarkan sembelit. Lapisan luar lidah buaya dapat diekstrak menjadi obat pencahar yang terbilang ampuh untuk melancarkan buang air.
  • Anti septik, bagian lidah buaya yang bisa dimanfaatkan adalah akar dan daunnya; menilik pada kandungan flavonoid, tannin, polifenol, dan saponin di dalamnya. Saponin adalah pembersih luka yang efektif, tannin mencegah terjadinya infeksi pada luka, dan polifenol serta flavonoid yang berperan sebagai anti-septik.
  • Selain itu, flavonoid pun berperan dalam membantu terjadinya regernerasi kulit; bersama kandungan antioksidan lainnya, yaitu beta karoten dan vitamin C.
  • Melancarkan pencernaan. Menurut penelitian, lidah buaya memiliki sejumlah kandungan yang dapat mencegah gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh adanya benda asing dan racun yang memblokir saluran pencernaan dan menghalangi penyerapan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.
  • Perawatan kulit : Menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan, dan peremajaan kulit.
  • Diabetes: Setengah sendok jus lidah buaya yang diberikan selama 14 minggu, terbukti mengurangi kadar gula darah sebesar 45 persen.