Munculnya bunga es ternyata tak hanya terjadi pada freezer saja, namun bisa juga terjadi pada tanaman berkayu. Hebatnya, bunga es pada tanaman berkayu memiliki bentuk yang terbilang unik.

Pada daerah yang memiliki musim dingin, bunga es yang terlihat pada tanaman berkayu bukanlah embun yang membeku. Bunga es pada tanaman kayu biasanya terbentuk pada pagi hari. Tepatnya di akhir musim gugur atau awal musim dingin.

Fenomena Bunga Es

Prosesnya terjadi ketika lapisan es yang sangat tipis terdorong keluar dari batang tanaman. Proses ini menciptakan pola indah yang melengkung dan melipat, sehingga memiliki bentuk yang mirip dengan bunga yang indah. Alhasil, fenomena ini dinamakan bunga es.

Fenomena Bunga Es

Waktu paling optimal terbentuknya bunga es pada tanaman berkayu memang terjadi pada awal musim dingin dan akhir musim gugur. Sebabnya, suhu udara berada pada titik beku, dengan suhu tanah yang lebih hangat atau belum berada pada titik beku. Ingin tahu perjalanan proses sederhananya ?

Ketika suhu udara mencapai titik beku, getah pada batang tanaman akan mengembang sehingga menyebabkan celah tipis terbentuk sepanjang batang. Air kemudian didorong keluar melalui celah tersebut oleh aksi kapiler dan membeku saat kontak dengan udara. Karena semakin banyak air yang didorong keluar, lapisan es tipis pun terdorong menjauh dari batang, yang menyebabkan terbentuknya kelopak seperti bunga.

Fenomena Bunga Es

Jika Anda menemukan bunga es pada tanaman, Anda harus berhati-hati. Pasalnya, bila disentuh secara langsung, bunga es akan langsung pecah alias hancur. Oleh karena itu, ada baiknya Anda langsung mengabadikan bunga es tersebut sebagai kenang-kenangan.