Apakah Anda sedang berpacaran jarak jauh? Atau mungkin Anda pernah melakukan hubungan pacaran jarak jauh dengan seseorang? Anda pasti tahu suka duka menjalani hubungan cinta jarak jauh, bukan? Hubungan pacaran jarak jauh atau yang biasa disebut dengan Long Distance Relationship (LDR) memang tidaklah mudah, Karena hubungan semacam ini sangat rentan dengan masalah dan seringnya berakhir dengan perpisahan.

Jarak yang memisahkan hingga membuat kesempatan untuk bertemu sangat jarang atau bahkan tidak pernah selama beberapa waktu, menjadikan komunikasi dan kepercayaan adalah hal yang sangat menentukan keberlangsungan hubungan itu. Meskipun kelihatannya sulit, tapi kenyataannya banyak pasangan yang bisa berhasil melewati fase pacaran jarak jauh dan lanjut ke jenjang pernikahan. Jika Anda juga menginginkan hubungan cinta jarak jauh Anda dengan pasangan langgeng hingga ke pernikahan, ikut tips-tips berikut ini:

  • Manfaat media komunikasi yang ada

Komunikasi adalah kuncinya. Meskipun Anda sulit untuk bsia menemui dia, dengan adanya smartphone dan internet, manfaatkan media komunikasi online seperti media sosial untuk berinteraksi dengan dia. Berkomunikasilah seperti biasanya dan lakukan dalam beberapa kali sehari. Tidak ada alasan bagi kalian untuk tidak berkomunikasi.

  • Melakukan hal yang sama di waktu yang sama

Melakukan hal yang sama di waktu yang sama juga akan membuat Anda dan pasangan Anda merasa dekat. Buatlah janji melakukan sesuatu yang menyenangkan, seperti permainan, atau sarapan dengan menu makanan yang sama, membaca buku yang sama, menonton program televisi yang sama, mendengarkan lagu yang sama, dan kegiatan-kegiatan lain yang menyenangkan.

  • Membuat jadwal pertemuan

Hubungan Anda dengan pasangan tidak mungkin berhasil jika haya mengandalkan komunikasi menggunakan handphone. Sesekali, kalian perlu bertemu secara fisik. Sesuaikan kesanggupan dan waktu masing-masing untuk mencari kemungkinan pertemuan. Usahakan Anda bisa menepati ajakan pertemuan dia atau konsisten dengan jadwal pertemuan yang sudah Anda buat. Manfaatkan sebaik-baiknya waktu pertemuan Anda dengan makan bersama, jalan-jalan ke tempat yang disenangi bersama, menonton film favorit, dan lain-lain.

  • Memberi kejutan

Jika Anda memiliki beberapa waktu kosong, sempatkan untuk datang ke kotanya dan memberikan dia kejutan. Tetapi tentu saja dengan mempertimbangkan kesibukan dia juga. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan jasa pengiriman bunga online. Ini adalah satu-satunya cara agar Anda bisa tetap romantis meskipun berada jauh dari dia. Anda bisa mengirimkan bunga, cokelat, boneka, jam tangan, atau hadiah lainnya.

  • Saling jujur dan percaya

Dalam hubungan pacaran pasti sudah biasa dengan yang namanya pertengkaran. Dan pacaran jarak jauh bukan berarti bisa terhindar dari ini. Justru orang-orang disekitar bisa menjadi mempengaruhi hubungan Anda. Mungkin Anda pernah mendengar gosip yang tidak baik tentang pasangan atau sebaliknya. Atau mungkin orang-orang sekitar menganggap hubungan Anda dengan dia tidak akan bisa bertahan lama. Apa pun masalah itu, Anda harus berbicara jujur apa adanya kepada pasangan Anda.

  • Prediksi masa depan

Apa tujuan dari hubungan Anda? Adanya tujuan dalam suatu hubungan akan memberi semangat dalam menjalaninya. Jika Anda merasa sudah saatnya untuk menguatkan komitmen, Anda bisa membicarakannya dengan pasangan Anda. Setidaknya dalam hubungan Anda harus ada yang diharapkan dan dituju.

Dan itulah tips-tips agar hubungan Anda dengan pasangan Anda bisa tetap langgeng dan harmonis meskipun saling berjauhan. Tapi ketika waktunya telah datang, kalian pasti akan dipertemukan dan bisa bersama-sama lagi. Jika kalian bisa kuat menghadapi tantangan selama berpacaran, tidak mungkin ketika sudah menikah nanti kalian bisa dipisahkan oleh apa pun.