Seperti yang kita ketahui bahwa sayur dan buah dapat menyehatkan badan, karena itu kita membutuhkan makan buah dan sayur yang cukup. Tetapi bunga?  Ada beberapa jenis bunga yang dapat dipakai untuk membuat minuman atau di ambil warnanya untuk membuat kue kelihatan menarik dan lezat. Apa saja bunga-bunga yang biasanya kita manfaatkan sebagai makanan atau bahkan obat?

Berikut jenis bungan dengan khasiat untuk kesehatan :

  1. Bunga turi

turi

Bunga turi yang putih di Jawa Tengah dipakai sebagai campuran sayur pecel. Bersama taoge, kangkung, daun singkong dan ubi dimakan bersama sambal kacang. Bunga ini mengandung protein dan banyak macam vitamin seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, C dan beta karoten.

2. Bunga matahari

sunflowers-268015_960_720

Kita tahu bahwa biji bunga matahari yang besar dapat dibuat kuaci dan mengandung selenium, lemak yang sehat serta vitamin E. Karena itu kuaci dari bunga matahari merupakan camilan yang sangat sehat. Vitamin E mengurangi unsur radikal yang merusak sel-sel tubuh, sel-sel otak, menurunkan kolesterol, menyembuhkan radang dan mengurangi komplikasi diabetes. Selain itu biji bunga matahari ini disuling menjadi minyak goreng.

3. Bunga rosela

kuncup-bunga-rosela-yang-berwarna-merah-marun

Bunga ini kita kenal juga sebagai frambos. Sebetulnya termasuk keluarga bunga sepatu, namun bunganya tetap menguncup. Bunganya yang kering direbus sampai airnya berwarna merah darah, rasa minuman ini asam seperti kranberi, tentu saja perlu diberi gula supaya enak diminum. Sesudah disaring bunganya diberi gula untuk dimakan sebagai camilan. Karena rasanya yang asam di daerah Padang bunga ini disebut asam jarot. Kandungan vitamin C bunga ini 10 kali lipat buah jeruk dan belimbing. Selain itu berkhasiat mengurangi unsur radikal yang merusak sel-sel tubuh, membantu menurunkan gula darah dan tekanan darah tinggi.

4. Bunga seruni

bunga-krisan

Daun bunga seruni dapat dikeringkan dan dijadikan teh. Mengandung khasiat yang menenangkan dan menyembuhkan sakit panas, flu serta sakit kepala. Airnya yang sudah dingin dapat dijadikan kompres mata yang terlalu lelah.

5. Bunga kaca piring

gardenia-beauty

Dalam bahasa latin disebut juga bunga gardenia jasminoides yang berarti mirip bunga melati. Bau wanginya memang tajam, dapat tercium dari kejauhan. Obat-obatan China banyak memanfaatkan khasiat bunga ini untuk membersihkan darah, mengatasi gangguan pada kandung kemih dan cedera fisik. Selain itu bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan mental, stres, depresi, insomnia dan gangguan lainnya.

6. Bunga melati

gambar-bunga-melati-6

Bunga yang eksotis ini banyak dipakai sebagai campuran teh karena mengusir gangguan insomnia, kecemasan dan gangguan perut.

7. Bunga Peoni

peony

Digunakan oleh orang China sejak dulu sebagai obat untuk mengendurkan otot dan mengurangi rasa sakit seperti kram ketika menstruasi.