Kalian pasti sudah pernah mendengar mengenai khasiat kulit buah manggis bagi kesehatan. Sudah pernah mencobanya belum? Gimana rasanya? Hehe. Yaaa kali ini kita akan membahas tentang khasiat kulit buah manggis bagi kesehatan. Banyak lohh khasiatnya. Lihat ke bawah yukkkk.

Khasiat kulit buah manggis bagi kesehatan.

  1. Mencegah dan mengobati kanker

Penyakit kanker belum lama ini menyerang masyarakat dengan mudahnya. Penyakit kanker ini datang tanpa ciri-ciri khusus. Kita harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Utamakan makan makanan sehat dan bergizi. Hindari makanan cepat saji dan mengandung penyedap rasa berlebihan.

Kulit manggis ini mencegah pertumbuhan sel kanker dan menghancurkannya untuk mencegah kanker stadium lanjut. Zat xanthone dalam kulit dan buah manggis memiliki sifat anti proliferasi danapoptosis yang menjadi senjata ‘pemusnah masal’ terhadap penyakit kanker dan efektif melakukan pencegahannya. Cara menggunakannya sebagai obat yaitu dengan cara direbus lalu diminum.

  1. Mengatasi diare

Kulit manggis dipercaya ampuh dalam mengatasi diare. Kulit manggis ini mengandung senyawa yang sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh dan membasmi bakteri penyebab diare.

  1. Sebagai sistem imun tubuh

Kulit manggis mengandung banyak anti oksidan. Anti oksidan itulah yang digunakan sebagai sistem imun tubuh. Sistem imun sendiri berfungsi melindungi tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit yang tersebar melalui virus ataupun bakteri.

  1. Pengobatan penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia. Agar terhindar dari penyakit jantung kita harus menjaga pola hidup serta makanan yang sehat. Kulit manggis sendiri dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah, menurunkan tensi, dan mencegah penyakit jantung koroner.

  1. Menurunkan diabetes

Kadar gula dalam darah yang tinggi dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit seperti jantung dan stroke. Kedua penyakit itu merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian. Kita bisa memanfaatkan kulit manggis untuk menurunkan kadar gula dalam darah sehingga kita terhindar dari penyakit diabetes.

  1. Mengatasi gangguan saat haid

Terkadang pada saat sedang haid kita merasakan sakit perut yang tak tertahankan. Atau terkadang kita sering mengalami terlambat haid. Kita bisa membuat minuman dari kulit manggis untuk memerlancar haid kita.

  1. Membasmi penyakit
  • Kulit manggis ini dapat mengobati berbagai penyakit, antara lain:
  • Mengobati TBC
  • Mengobati penyakit lupus
  • Mencegah penyakit gusi
  • Mencegah dan mengobati kanker
  • Mengatasi sesak nafas
  • Meredakan insomnia
  • dll

Itu beberapa khasiat yang tersimpan dalam kulit manggis. Tidak terduga bukan? Dari hanya sebuah kulit bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Yang terpenting untuk mendapatkan tubuh yang sehat kita harus menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga, makan makanan sehat, serta waktu tidur yang cukup. Tapi jangan lupa, yang utama yaitu berdoa kepada Tuhan meminta kesehatan dan panjang umur. 🙂