Kalian semua pasti sudah mengetahui mengenai bunga anggrek. Bunga anggrek hidup dengan kecantikan bunganya. Karena kecantikannyalah sebagian besar wanita menyukai bunga anggrek. Bunga anggrek merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki banyak jenis. Orchidaceae nama lain dari anggrek setidaknya terdapat 60 jenis bunga anggrek yang dapat ditemukan di Indonesia. Bunga anggrek memang bisa hidup di Indonesia karena iklim tropisnya. Selain di iklim tropis, anggrek juga dapat ditemukan pada daerah-daerah sirkumpolar.

Anda memiliki bunga anggrek di rumah tapi bingung cara merawatnya? Sudah cukup lama memilikinya namun belum kunjung tumbuh bunganya? Padahal bunga itulah yang menjadi simbol keindahan dan kecantikan dari bunga anggrek. Atau kalian baru ingin merawat bunga anggrek? Disini kami akan membagi beberapa tips agar bunga anggrek kalian cepat berbunga. Caranya cukup mudah dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Jadi kalian dapat melakukannya sendiri di rumah yaaaaaaaa.

11

Tips bunga anggrek cepat berbunga.

  1. Faktor cahaya matahari

Pastikan tanaman anggrek mendapat asupan cahaya matahari yang cukup. Cahaya matahari ini digunakannya agar terjadi proses fotosintesis. Dalam proses fotosintesis dibutuhkan cahaya matahari, air, dan karbondioksida. Letakan anggrek di tempat yang memiliki kelembapan dan intensitas cahaya ideal. Untuk anggrek, cahaya yang didapatkan harus berkisar antara 50-70%.

  1. Faktor penyiraman

Aktivitas ini sangatlah memengaruhi pertumbuhan anggrek. Seperti tips nomor pertama, air dibutuhkan untuk berfotosintesis. Lakukan penyiraman dua kali sehari pada waktu pagi dan sore. Jangan terlalu banyak air yang kalian berikan pada anggrek. Hal itu dapat meningkatkan kelembapan bunga anggrek sehingga memicu pertumbuhan jamur dan bakteri. Jika sudah muncul jamur dan bakteri maka kemungkinan besar anggrek kalian akan membusuk.

  1. Faktor pemberian pupuk

Berikan pupuk pada anggrek pada saat muncul tunas dan banyak bunganya. Pilih pupuk yang mengandung unsur hara tinggi. Unsur hara yang terkandung dalam pupuk akan membantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Lakukan pemupukan kurang lebih 3 kali seminggu. Kalian dapat melakukannya dengan metode penyemprotan, penyiraman, atau menaburkannya langsung pada media tanamnya.

  1. Berikan zpt atau hormon

Kalian bisa memberikan tambahan nutrisi menggunakan zpt tradisional. Gunakan 150ml air kelapa. Semprotkan air kelapa ke seluruh bagian tanaman. Lakukan ini 3 kali seminggu setiap pagi dan sore.

  1. Atur tata letak bunga

Media tanam yang digunakan harus tersusun 2 sisi agar terlihat sehat dan berbunga banyak. Pilih pot yang memiliki lubang di bawahnya agar sirkulasi lancar. Tata pot serapi mungkin. Letakkan pada rak setinggi 1 meter. Hindari lokasi yang berjenjang agar aliran udara tidak terhambat.

Itu bebepara tips merawat bunga anggrek. Lakukan tips di atas dan lihat hasilnya. Faktor pemeliharaan merupakan salah satu yang sangat penting untuk dilakukan. ๐Ÿ™‚