Bunga matahari memiliki makna dan filosofi tersendiri. Dimana filosofi tersebut memiliki arti kesetiaan karna dia selalu setia mengikuti arah matahari dan memiliki warna kuning yang identik dengan arti kehangatan dan kebahagiaan. Bunga matahari termasuk dalam tanaman semusim dari suku kenikir. Bunga matahari biasanya diambil minyaknya, dapat juga digunakan sebagai bahan pangan yaitu biji kwaci, dapat juga dijadikan pakan ternak dan pupuk serta budidaya bunga untuk hiasan taman.

 

Bunga Matahari merupakan jenis bunga majemuk yang terdiri dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada tongkolnya. Bunga matahari memiliki perilaku yang khas yaitu selalu mengikuti arah matahari, bunga matahari juga menjadi bagian bunga nasional ukraina dan menjadi bunga resmi negara dibagian kansan, Amerika Serikat.

Bunga matahari dapat tumbuh dimana saja, baik dataran tinggi atau rendah. Karna yang utama adalah harus terkena sinar matahari yang cukup, Bunga matahari dapat tumbuh tegak hingga ketinggian 3 meter. Sedangkan daunya merupakan daun tunggal yang memiliki bentuk seperti hati.

Terdapat 4 kelompok dari budidaya bunga matahari yang dibedakan dari manfaat dan kegunaanya sebagai berikut

  1. Penghasil Minyak

Bunga matahari dibudidayakan untuk diambil minyak biji bunga matahari. Kelompok ini memiliki jenis bunga dengan cangkang biji tipis. Dengan kandungan minyak sekitar 48 hingga 52%  jadi untuk menghasilkan 1 liter minyak dibutuhkan sekitar 60 tandan bunga majemuk.

2. Memanfaatkan daun sebagai pakan dan pupuk hijau.

3. Tanaman Hias

Jenis bunga ini biasanya memiliki warna yang bervariasi dan memiliki banyak cabang dan bunga.

4. Kuaci

Kelompok ini dipanen dan diambil khusus bijinya dan diolah menjadi kuaci untuk dijadikan sebagai bahan pangan.

FILOSOSI BUNGA MATAHARI

Mengapa dinamakan bunga matahari? Karna ia selalu setia mengikuti kemana arah matahari bergulir. Jika diperhatikan saat pagi hari bunga matahari akan menghadap ke timur, dimana matahari terbit. Dan kemudian akan seiring  mengikuti matahari kearah barat dimana matahari terbenam. Sifat dari bunga matahari memberikan arti kesetiaan yang patut dijadikan contoh akan arti dari sebuah kesetiaan. Setia dan patuh pada kodratnya tanpa ada protes.