Bunga Kamboja sering kita jumpai di daerah yang berbau mistis yaitu di daerah pemakaman atau tempat lainnya. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh botanis yang berkebangsaan Prancis yaitu Charles Plumier, yang langsung di jadikan sebagai nama ilmiahnya yaitu Plumeria Acuminate.

Tapi bunga kamboja tidak selalu berhubungan dengan yang mistis, tapi bunga ini juga digunakan sebagai tanaman hias di taman. Bunga ini juga dapat di buat suatu makanan ringan yaitu sebagai tempura bunga. Selain itu, bunga ini juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini saya akan memberikan beberapa manfaat bunga kamboja untuk kesehatan.

1. Sebagai Anti Radang

Kandungan Flavonoid pada bunga ini dapat dijadikan sebagai obat anti radang, karena peradangan di sebabkan oleh radikal bebas. Kandungan flavonoid ini diambil dari sari bunga kamboja yang kemudian menghasilkan etanol. Etanol ini yang akan di gunakan sebagai senyawa yang menghasilkan zat sebagai anti radang.

2. Sebagai Obat Antibiotik

Zat Alkaloid, Tanin, Triterpenoid, dan Flavonid yang ada di dalam getah bunga Kamboja akan menjadi Antibiotik yang paling ampuh untuk mengobati luka yang diakibatkan pada saat seseorang jatuh yang menyebabkan ada luka yang terbuka.

3. Mengobati Penyakit Frambusia atau Patek

Penyakit Frambusia adalah penyakit kulit yang menular. Timbulnya penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil yang berdekatan letaknya. Pada saat mengering akan timbul kerak yang meninggalkan bekas dan dengan disertai sakit kepala dan nyeri pada sendi. Hal ini bisa diobati dengan cara mengambil kulit batang kamboja kemudian langsung di rebus dan airnya dibuat untuk mandi atau berendam.

4. Sebagai Obat Kencing Nanah

Penyakit menular yang di sebakan oleh gaya hidup yang bebas atau seksual akan menyebabkan efek terjadinya penyakit yaitu kencing nanah. Hal ini bisa diobati dengan cara merebus akarnya dan langsung di minum secara bertahap.

5. Sebagai Teh Bunga Kamboja

Tidak hanya terkenal sebagai obat tradisional, bunga Kamboja juga dapat dibuat menjadi teh. Teh yang di hasilkan dari bunga Kamboja ini dapat memberikan efek positif pada sistem pencernaan, tidak hanya itu, teh ini juga dapat memberikan efek tenang dan adem.

Itulah beberapa manfaat bunga kamboja yang bisa saya berikan, sebenarnya masih banyak lagi khasiat lainnya dari bunga kamboja. Semoga bermanfaat.