Daun Jati memang jarang sekali diketahui oleh sebagian orang, namun sepanjang beberapa tahun terakhir ini banyak digunakan sebagai salah satu bahan pengobatan herbal. Daun jati yang masih muda saat ini banyak dijual sebagai teh daun jati. Manfaat daun jati sendiri sudah banyak di buktikan melalui beberapa penelitian.

Daun Jati merupakan salah satu jenis daun yang memiliki ukuran yang cukup lebar. Selain pohon jati yang dapat hidup selama bertahun-tahun dengan ketinggian 3 meter lebih. Kegunaan daun jati untuk  kegiatan sehari-hari biasanya dibuat sebagai daun pembungkus makanan karena jenis daunnya yang tebal dan lebar. Selain itu, daun jati ini juga dapat memberikan aroma harum yang khas pada makanan yang dibungkusnya.

Manfaat lain dari daun jati adalah khasiatnya yang bagus untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Daun ini mengandung saponin, tanin, kuinon, flavonoid, dan juga beberapa zat lainnya yang berfungsi untuk menyehatkan tubuh. Agar anda tidak salah dalam memahami manfaat dari daun jati, berikut beberapa manfaat daun jati untuk kesehatan :

  1. Menurunkan Kolestrol

Kadar kolestrol yang berlebihan pada tubuh perlu di buang agar tidak menumpuk yang nantinya daat menyebabkan penyakit yang berbahaya. Maka anda dapat gunakan daun jati sebagai salah satu obat herbal.

2. Mengatasi Diabetes

Daun ini sangat berguna dalam mengontrol kadar gula di tubuh. Selain itu, tubuh juga bisa lebih sehat dan terhindar dari diabetes.

3. Baik Untuk Diet

Khasiat daun jati untuk perempuan yang ingin diet bisa dicoba. Siapa sangka jika daun lebar ini bisa menjadi bahan alami yang berguna untuk membuat berat badan menjadi lebih ideal dan tentunya sehat.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh menjadi sehat. Untuk itu, Anda perlu mencoba manfaat daun jati untuk membuat aliran darah tetap lancar tanpa penyakit yang menyerang.

5. Mencegah Sembelit

Saat sembelit datang anda dapat sembuhkan dengan daun jati. Daun ini akan membuat tubuh lebih kuat untuk melawan penyakit sembelit. Selain sehat, Anda pun akan menjadi lebih kuat.

Diatas tadi merupakan beberapa manfaat dari daun jati, alangkah baiknya saat anda mengkonsumsi daun jati dalam bentuk teh yang sudah direbus. Semoga bermanfaat.