Siapa tidak tahu dengan lebah? Ya, serangga yang satu ini merupakan salah satu jenis serangga yang paling akrab dengan yang namanya madu. Bahkan saat ini, sudah banyak sekali bertebaran peternakan lebah yang sengaja dibuat untuk membantu menghasilkan madu dengan kualitas yang tinggi.  Lebah sendiri pada dasarnya merupakan hewan koloni, seperti semut dan beberapa jenis serangga lainnya, dimana mereka hidup di dalam suatu sarang, berkoloni, dan saling membantu satu sama lain.

Berikut adalah beberapa manfaat lebah bagi bunga :

  1. Manfaat terpenting dan satu-satunya hal yang paling membantu bunga adalah lebah dapat membantu proses penyerbukan dari bunga. Seperti yang kita ketahui, bunga membutuhkan proses penyerbukan untuk dapat berkembang menjadi buah.
  2. Proses penyerbukan ini merupakan proses dimana benang sari akan bertemu putik. Disinilah lebah memegang peranan yang penting dan juga sangat bermanfaat bagi bunga. Lebah merupakan salah satu serangga yang secara alami membantu proses penyerbukan dari sebuah bunga.
  3. Lebah yang hinggap di dalam sebuah bunga, secara otomatis akan ikut membawa serbuk sari, yang kemudian akan menempel pada bunga lainnya, sehingga proses penyebukan itu terjadi.
  4. Dengan adanya lebah, maka sebuah tanaman bisa melakuka proses penyerbukan tanpa membutuhkan udara. Biasanya, proses penyerbukan ini terjadi pada bunga-bunga yang paling sering dihinggapi oleh lebah.
  5. Bunga yang memiliki bentuk kelopak, warna dan juga wangi yang menarik, maka secara otomatis lebah akan hinggap pada bunga tersebut, dan mengambil nektar dari bunga tersebut, sekaligus secara tidak disadari, lebah akan membantu bunga dalam proses penyerbukan, karena ketika akan terbang, lebah tersebut membawa serbuk sari dari bunga.
  6. Bunga meskipun persediaan nektarnya diambil, namun memperoleh keuntungan pula, yaitu proses penyerbukannya dapat berjalan dengan lancar.

Beberapa jenis bunga yang sering dihinggapi oleh lebah dan terbantu proses penyerbukanya diantaranya adalah :

  • Bunga Matahari
  • Bunga Lavender
  • Bunga Kaliandra
  • Bunga Zinias
  • Bunga Balm
  • dll

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.