Bunga yang terkenal dengan bentuk ungkapan seseorang. Kebanyakan dari orang-orang menggunakan bunga untuk mengungkapkan perasaan yang sedang dirasakan. Namun, bunga tidak hanya diaplikasikan untuk menyampaikan perasaan kepada seseorang. Melainkan bunga juga digunakan sebagai hiasan ruangan di dalam rumah, kantor, dan lain sebagainya. Untuk tanaman hias yang satu ini jika diletakkan di dalam ruangan, pastinya akan disimpan di sebuah wadah atau vas. Penempatan di dalam vas ini yang selalu dipermasalahkan ialah kesegaran si bunga itu sendiri. Menjaga kesegaran bunga di dalam vas sampai saat ini merupakan persoalan para pemiliknya.

Lalu bagaimana tips merawat bunga agar tidak layu?

1.Simpan dalam suhu normal dan konstan

Bunga sebaiknya diletakkan dalam suhu normal dan tidak drastis. Letakan bunga di tempat dengan suhu 7-10 derajat Celsius atau 15-17 derajat Celcius.

2.Hindari dari sinar matahari langsung

Ada bunga yang tidak tahan dengan sinar matahari, tetapi ada juga tanaman yang hanya akan berbunga jika terkena sinar matahari langsung.

3.Jangan semprotkan air pada bunga

Kebanyakan orang berpikir bahwa menyemprot air ke bunga yang sudah disimpan dalam vas bisa membuat bunga segar. Padahal cara ini bisa membuat rangkaian bunga menjadi layu dengan daya tahan kurang dari sehari saja.

4.Potonglah tangkai bawah 1 cm setiap hari

Ketika bunga diletakkan di dalam vas yang berisi air, tangkai paling bawah akan menyerap air. Semakin lama disimpan dalam vas, bunga akan menyerap lebih banyak air. Potong 1 cm tangkai bawah setiap hari, agar bunga tak kebanyakan air. Kebanyakan air hanya membuat bunga menjadi layu lebih cepat.

5. Aturlah air yang ada di dalam vas bunga

Untuk bisa menghindari kebusukan pada batang bunga. Batang yang busuk membuat tampilan bunga tidak segar. Bunga juga menjadi layu lebih cepat.Isilah air ke dalam vas bunga setinggi 2 cm dari tangkai paling bawah, dan ganti air setiap 1-2 hari sekali.

6.Rutin Mengganti Air

Jangan lupa untuk rajin mengganti airnya setiap hari dan ganti vas jika perlu. Air yang tergenang mudah dipakai oleh bakteri, jamur dan alga untuk bersarang dan berkembang biak.

Nah itulah tips merawat bunga agar tidak layu. Anda bisa menerapkan cara itu dengan mudah. Selain itu Anda juga bisa memilih bunga yang tahan lama kesegarannya.

1.BUNGA MAWAR

Rangkaian bunga mawar bisa bertahan selama 7 hingga 10 hari di dalam vas yang berisi air dingin. Apabila Anda akan membeli rangkaian bunga mawar, maka pilihlah bunga mawar yang masih memiliki kuntum yang masih keras atau kaku, cara mengetahuinya adalah dengan menekan secara lembut di ujung kuntum. Jika terasa rapat maka bunga mawar dalam kondisi yang masih baik. Agar bunga mawar bisa tahan lebih lama potong sedikit batang bunga di dalam air karena saat batangnya dipotong, bunga mawar akan ‘menarik napas’ dan air bisa masuk ke dalam batangnya sebagai hidrasi.

2.BUNGA ANGGREK

Rangkaian bunga anggrek bisa bertahan selama 14 hingga 21 hari di dalam vas tergantung penanganannya. Untuk menjaga kesegarannya sebaiknya pangkas batang bunga anggrek secara berkala dan ganti air yang ada di dalam vas bunga setiap hari. Cabut juga kelopak bunga yang mulai layu agar daya tahannya kembali pulih di bagian batang bunga.

3.BUNGA ANYELIR

Didalam vas bunga yang berisi air, bunga anyelir dapat bertahan selama 14 hingga 21 hari. Cara menjaga agar bunga anyelir tetap segar adalah dengan menaruh kuntum-kuntum bunga anyelir di mangkuk dengan air segar. Jika Anda menaruhnya di dalam vas bunga, pastikan untuk membuang daun-daunnya.

4.BUNGA KRISAN

Rangkaian bunga krisan mampu bertahan selama 25 sampai 30 hari. Rekor rangkaian bunga yang terlama bertahan dalam vas adalah rangkaian bunga krisan. Menjaga kesegaran dari rangkaian bunga krisan butuh sedikit perhatian yang ekstra yakni dengan menganti air yang ada didalam vas setiap hari dan potong sedikit  batangnya setiap hari.

5.BUNGA LILI

Bunga lili yang disimpan dalam vas bunga mampu bertahan hingga 14 hari. Dalam menjaga ketahanannya, cabut serbuk sari yang terdapat pada bunga lili untuk memperpanjang umurnya dan mencegah serbuk sari menodai kelopak bunga lili. Mencubit sedikit bagian kelopak bunga lili yang berwarna pudar untuk mendorong bunga lili supaya mekar kembali. Tidak semua bunga lili memiliki aroma yang kuat, pilihlah bunga lili jenis Star Gazer. Keharuman bunga lili jenis star gazer mampu menyebarkan wanginya dalam radius 1,5 meter.

6.BUNGA GLADIOLA

Rangkaian bunga gladiola bisa bertahan hingga 14 hari jika dirawat secara tepat. Cabutlah kelopak bunga gladiola yang telah mulai memberikan tanda agak layu, dengan cara mencabut kelopak bunga yang mulai layu ini akan mengembalikan energi ke dalam bagian batang dan memperpanjang umur bunga gladiola. Gladiola yang mekar dari bagian bawah sehingga jika Anda mencabut kelopaknya yang sudah mulai layu tidak akan membuat bunga ini jadi terlihat jelek.

Intinya, merawat bunga dengan baik sangat memengaruhi kesegaran bunga. Kesegaran bunga bisa bertahan lama pun itu tergantung bagaimana Anda merawat bunga yang Anda miliki tersebut. Sekian ulasan yang membahas kesegaran bunga di dalam vas. Semoga bermanfaat.