Bunga desember, adalah sebutan lain dari bunga Blood Lily, karena bunga ini hanya tumbuh dan mekar pada bulan desember. Bunga desember adalah sebutannya di Indonesia, sementara di luar negeri bunga ini juga disebut dengan Blood Lily, Oxtongue Lily, Katherine-Wheek, Blood Flower, dan Powderpuff Lily. Tanaman bunga ini digunakan sebagai penanda perubahan musim iklim, karena mekarnya hanya di bulan Desember yang berarti telah memasuki musim hujan.

Tanaman bunga desember merupakan spesies tanaman berumbi yang menghasilkan bunga merah mencolok yang tampak seperti kembang api dan sangat indah sehingga tanaman ini juga digunakan sebagai tanaman hias bunga atau ornamental flower plant. Sebelum berbunga, tanaman ini seolah lenyap karena bersembunyi di dalam tanah.

Ketika mekar, tanaman ini memiliki tinggi sekitar 30 – 90 cm dan akan membentuk 1 tangkai bunga yang berbentuk bulat pipih dan muncul di sekitar ketiak daun. Bunga desember ini sebenarnya hanya berupa serabut-serabut lunak dengan ujung yang bercabang-cabang dan memiliki warna kuning menyala pada setiap bagian ujungnya.

Selain indah, bunga ini juga memiliki manfaat lain seperti mengobati luka bakar. Bagian yang digunakan sebagai obat luka bakar adalah umbi yang masih segar. Kamudian dicuci dan diparut, lalu ditempelkan ke bagian kulit yang menderita luka bakar. Polifenol yang terkandung dalam umbi tersebut akan aktif membunuh kuman penyebab infeksi sehingga luka bakar akan cepat kering dan sembuh.

Namun sayangnya, bunga tanamana ini tidak bisa bertahan lama, karena hanya mekar selama 7 hari saja. Setelah itu hanya ada daun-daunnya yang semakin lama juga akan semakin mengering dan hana tinggal umbinya saja di dalam tanah. Pada musim kemarau, tanaman ini secara perlahan menyembunyikan dirinya dalam bentuk umbi di dalam tanah dan akan tumbuh dan mekar lagi pada musim hujan.

Bunga yang bernama latin Haemanthus multiflorum dari famili Amaryllidaceae. Jadi, tidak hanya bunga desember ini yang akan mekar pada bulan Desember, tetapi juga bunga yang termasuk dalam famili yang sama seperti bunga Lili, bunga Tulip, bunga Sedap Malam, dan bunga Anggrek Bulan.