Tentu saja tidak ada orang yang tidak senang jika menerima hadiah buket bunga dari seseorang yang spesial. Namun tidak semua orang bisa merasakan kesenangan tersebut. Bagi penderita alergi serbuk bunga, keindahan sebuah bunga malah akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman. Biasanya penderita alergi akan langsung bersin-bersin, mata gatal, sakit tenggorokan hingga sakit kepala ketika mereka berdekatan dengan bunga.

Serbuk bunga adalah pemicu dari gejala-gejala tersebut. Bunga memiliki 2 alat kelamin, yaitu jantan dan betina. Bunga jantan mengandung serbuk sari yang bisa terbang jika tertiup angin dan inilah penyebab kambuhnya penderita alergi. Anda pasti tidak menginginkan ketika memberikan rangkaian bunga yang malah memicu kambuhnya seseorang. Untuk menghindari hal itu terjadi, berikut ini adalah pilihan bunga yang dapat Anda hindari dan bunga yang tepat untuk diberikan untuk penderita alergi serbuk bunga.

Bunga yang harus dihindari bagi penderita alergi adalah bunga yang banyak memproduksi serbuk sari dan memiliki aroma yang menyengat, seperti bunga krisan, matahari, aster, dan chamomile. Keberadaan serbuk sari bunga di suatu tempat tergantung pada jenis bunga yang tumbuh, lamanya periode berbunga, dan cuaca. Jumlah serbuk bunga yang terbanyak adalah ketika udara hangat, kering, dan berangin.

Bunga yang memiliki sedikit atau tidak sama sekali serbuk sari bisa menjadi pilihan yang terbaik. Salah satunya adalah bunga mawar, karena kelopak bunganya yang lembut dan aman untuk penderita alergi.  Alasan lainnnya adalah karena serbuk sari bunga mawar terlalu besar untuk terbawa udara dan tidak memungkinkan menyusup ke dalam sistem pernapasan. Namun jika Anda masih ragu, Anda bisa memilih mawar dengan jumlah yang sedikit atau mengurangi aroma mawar tersebut dengan tidak menambah aroma mawar buatan.

Bunga yang baik bagi penderita alergi yang lainnya adalah bunga lily. Keluarga bunga lily bebas dari serbuk sari sehingga Anda bisa menggunakan bunga ini sebagai buket bunga atau karangan bunga vas. Ada juga bunga peony, yang memiliki banyak jenis spesies yang paling baik untuk penderita alergi. Karena keindahannya, bunga ini paling sering digunakan dalam bidang seni ornamen. Bunga peony ada yang berbau harum dan berwarna merah, merah tua, putih, kuning, dan ungu. Hampir sama dengan bunga mawar, bunga anggrek juga memiliki serbuk sari yang cukup besar. Bentuk bunga anggrek yang menyerupai serangga mampu menarik serangga agar hinggap dan membantu proses penyerbukan. Jadi, bunga anggrek bisa menjadi bunga terbaik yang dapat diberikan sebagai hadiah untuk penderita alergi serbuk bunga.