Pernikahan adalah salah satu momen membahagiakan dalam hidup Anda yang tidak akan pernah terlupakan, yang tentu saja Anda tidak ingin melewatkannya tanpa kehadiran orang-orang yang penting dalam hidup Anda. Membuat daftar tamu undangan pasti sulit bagi Anda yang tidak mengetahui siapa saja yang sebaiknya diundang dan tidak diundang.

Kesibukan lain menjelang pernikahan, seperti mengurusi persewaan gedung, gaun pengantin, katering, cincin pernikahan, dan rias pengantin, seringkali membuat Anda lupa hal-hal kecil, seperti melewatkan orang penting yang seharusnya ada di daftar tamu undangan dan malah Anda mengundang seseorang yang sebenarnya tidak perlu datang ke acara pernikahan Anda. Meskipun terkesan ini hanya kesalahan kecil, tapi apakah bisa Anda bayangkan jika ada suatu kesan yang tidak enak di acara pernikahan Anda? Berikut ini adalah orang-orang yang harus Anda eliminasi dari daftar tamu undangan pernikahan Anda:

  1. Mantan kekasih

Yang lalu, biarkan berlalu. Pernikahan seharusnya menjadi fase baru dalam hidup Anda dan momen di saat Anda harus fokus dalam membangun masa depan dengan keluarga Anda sendiri. Ketika ada mantan kekasih Anda atau pasangan Anda datang, mungkin akan membuka kenangan masa lalu yang cukup sensitif bagi Anda dan pasangan.

  1. Teman lama yang sudah tidak pernah berkomunikasi dengan Anda

Mungkin Anda memiliki beberapa teman masa lalu yang sebenarnya dekat dengan Anda, namun karena alasan tertentu sudah tidak ada komunikasi lagi antara Anda dengan mereka, jadi kenapa harus diundang? Mungkin mereka adalah teman dekat Anda waktu SMP, SMA, atau kuliah, yang Anda juga tidak tahu lokasi mereka ada dimana.

  1. Teman yang berada di luar kota

Sebenarnya tidak ada masalah dengan mengundang teman yang berada di luar kota. Tapi kemungkinan besar mereka tidak bisa datang karena faktor jarak dan biaya. Jika Anda tetap ingin mengundang mereka, akan terkesan memaksa dan sebenarnya Anda cukup memberitahukan pada mereka mengenai pernikahan Anda agar mereka tidak tersinggung karena tidak diundang.

  1. Undangan tambahan atau plus one

Misalnya kekasih sahabat Anda, tapi jika Anda mengenai baik dengan kekasih sahabat Anda, tidak masalah jika ingin mengundang mereka. Jadi, pertimbangkan dengan baik, apakah Anda akan benar-benar ingin mengundang kekasih sahabat Anda?

  1. Teman di media sosial

Media sosial memang membantu Anda mempermudah membuat daftar tamu undangan. Anda tinggal melihat daftar pertemanan Anda di media sosial dan mulai menentukan siapa-siapa saja yang sebaiknya diundang. Tapi, teman yang Anda kenal dari media sosial, lebih baik tidak usah dan Anda cukup mengirimi mereka pesan soal pernikahan Anda.

  1. Teman-teman saudara Anda

Bagi Anda yang memiliki saudara atau sepupu, biasanya mereka juga menginginkan Anda untuk mengundang teman-teman dekatnya. Anda perlu pertimbangkan, apakah Anda cukup dekat dengan teman saudara Anda? Jika iya, tidak ada salahnya mereka diikutsertakan untuk memeriahkan acara pernikahan Anda.

  1. Para kolega orang tua Anda

Biasanya orang tua juga akan mengundang rekan-rekan mereka untuk hadir dalam acara pernikahan Anda. Sebaiknya, Anda negosiasikan hal ini dengan orang tua Anda. Karena sebenarnya, rekan-rekan orang tua tidak perlu diundang ke pesta pernikahan.

Dan itulah daftar-daftar orang yang sebaiknya tidak Anda cantumkan dalam daftar tamu undangan acara pernikahan Anda. Semua tetap kembali kepada keputusan Anda. Jumlah tamu undangan yang akan hadir juga menjadi salah satu faktor penentu besarnya biaya yang harus Anda keluarkan, karena akan berpengaruh dengan tempat pernikahan, katering, souvenir, dan berbagai persiapan lainnya untuk pernikahan. Lebih baik mengundang orang-orang yang masih berhubungan dan berkomunikasi baik dengan Anda.