Ketika Anda berencana akan mengirimkan bunga sebagai hadiah untuk orang yang tercinta atau untuk Anda sendiri, adalah hal yang penting untuk mempertimbangkan hewan peliharaan mereka. Karena beberapa bunga yang indah ternyata memiliki racun yang bisa menyakiti hewan peliharaan. Hewan peliharaan adalah bagian dari keluarga yang harus disayangi, dan mereka biasanya cenderung memiliki rasa ingin tahu, terutama jika berkaitan dengan perut mereka.

Hewan peliharaan, baik itu anjing, kucing, dan jenis hewan yang lainnya, biasanya memiliki kebiasaan menggigit bagian kelopak atau daun bunga. Sehingga rumah tangga dengan hewan peliharaan membuat Anda harus selektif dalam memilih bunga agar dalam perawatannya nanti tidak rusak dan berbahaya bagi hewan peliharaan.

Jika Anda hendak memberikan bunga kepada seseorang yang memiliki hewan peliharaan atau Anda ingin memiliki beberapa bunga hias di rumah, jangan memilih bunga Tulip, Amarilis, Azalea, Bunga Cendrawasih, Aloe, Begonia, dan jenis bunga yang bergenus Lilium seperti bunga Easter Lily dan bunga Stargazer Lily, dapat menyebabkan masalah yang serius untuk sistem pencernaan hewan peliharaan. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk memilih bunga yang aman untuk hewan peliharaan, dan jenis bunga tersebut adalah:

1. Gerbera Daisies

Bunga ini tersedia dalam berbagai warna yang indah dan cerah. Bunga-bunga ini merupakan bunga pokok yang selalu tersedia di sebagian besar toko bunga. Bunga Gerbera Daisy sekilas tampak seperti bunga kertas, Gerbera Daisy berpohon rendah dengan daun yang lebar, memiliki batang tangkai yang panjang dan lurus tanpa cabang. Sedangkan bagian kelopak bunganya banyak berwarna, mulai dari merah, merah muda, putih, kuning dan warna yang lainnya.

2. Phalaenopsis Orchids

Bunga anggrek ini sangat dikenal dan mudah ditemui di berbagai toko bunga. Bunga anggrek ini mudah tumbuh dan perawatannya, karena bunga ini tidak membutuhkan banyak cahaya, Anda hanya membutuhkan air dan menjaga agar pot tetap kering. Bunga anggrek juga aman bagi hewan peliharaan sehingga jika Anda menemui kucing atau anjing sedang menggigit bagian daun atau kelopaknya, Anda tidak perlu khawatir.

3. Roses

Mawar adalah salah satu pilihan bunga lain yang aman bagi hewan peliharaan. Satu-satunya ancaman mungkin hanya batangnya yang berduri, tetapi itu bisa dihilangkan dengan mudah. Tidak ada bagian lain dari bunga ini yang bisa membahayakan hewan peliharaan. Atau jika Anda merasa aroma mawar tidak baik untuk pernapasan seorang bayi, karena memang aroma bunga ini sebenarnya tidak baik jika dihirup oleh balita, sebagai gantinya Anda bisa memilih bunga Limonium putih.

Perlu diingat bahwa jika ada hewan peliharaan yang sedang menggigit atau mengunyah bagian tanaman yang aneh, Anda harus mengawasinya. Waspadalah terhadap gejala keracunan seperti muntah, kesulitan bernafas, diare, air liur yang berlebihan, haus yang ekstrim dan sering buang air, dan perubahan detak jantung pada hewan (sangat lamban atau cepat). Jika hewan peliharan mengalami gejala tersebut, segeralah bawa ke klinik atau dokter hewan. Bahkan ketika tidak ada efek samping yang parah, lebih baik Anda melakukan pencegahan.