Memang, dalam suatu acara pernikahan banyak hal yang harus dipikirkan secara matang-matang. Mulai dari konsep pernikahan, persewaan gedung, memilih katering, gaun, rias pengantin, cincin pernikahan,  souvenir, undangan, kue pernikahan, dan hal-hal lainnya. Semua dipikirkan dan diputuskan dengan matang agar berjalan sesuai dengan keinginan dan menyenangkan pengantin serta semua yang hadir dalam acara pernikahan itu. Tapi, apakah kamu tahu sebenarnya ada beberapa hal-hal kecil yang mungkin terlewatkan dan penting agar tamu tidak merasa kecewa dengan acara pernikahanmu?

  1. Makanan

Pastikan dalam acara pernikahan kamu tidak terjadi kekurangan makanan atau tidak adanya makanan alternatif karena beberapa tamu mungkin hanya bisa makan makanan tertentu, seperti makanan vegan, makanan halal, makanan yang tidak menyebabkan alergi, makanan untuk diet, dan jenis makanan lainnya.

  1. Cuaca

Bagi kamu yang berencana mengadakan pernikahan di tempat terbuka atau outdoor, sebaiknya kamu membuat rencana cadangan karena untuk berjaga-jaga apabila cuaca sedang tidak mendukung. Untuk mencegah para tamu undangan merasa kepanasan, kehujanan, atau kedinginan di acara pernikahanmu, kamu bisa mengadakan pernikahan di lokasi yang semi outdoor. Persiapkan juga rencana cadangan seperti memasang tenda atau pengaturan tempat duduk agar tamu tidak langsung terkena sinar matahari.

  1. Lokasi pernikahan

Apakah lokasi pernikahanmu dilakukan di luar kota dari tempat tinggalmu? Selain membutuhkan waktu dan biaya, terkadang tamu dapat berakhir dengan kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh untuk menghadiri pernikahan kalian. Atau jika kamu mengadakan acara di tempat yang dekat, pilihlah tempat yang memiliki tempat parkir yang luas. Karena tamu sering komplain dengan tempat parkir kendaraan yang sempit dan terpaksa mereka parkir di tempat yang agak jauh dari gedung resepsi.

  1. Waktu pelaksanaan pernikahan

Biasanya pemilihan tanggal pernikahan disesuaikan dengan kebiasaan kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggal. Misalnya, acara pernikahan yang diadakan pada weekend di hari Sabtu atau Minggu. Atau mungkin kamu akan memilih tanggal yang memiliki arti atau ‘tanggal cantik’. Meskipun begitu, tetap saja pertimbangkan apakah kira-kira pada tanggal atau hari tersebut akan banyak yang bisa hadir ke acara pernikahanmu. Pastinya sedih kan kalau ternyata para tamu undanganmu banyak yang berhalangan hadir.

  1. Hiburan

Sesuaikan hiburan untuk acara pernikahanmu dengan tema pernikahan dan preferensi para tamu. Karena yang hadir pasti dari berbagai kalangan usia. Misalnya, hindari band musik yang hanya menyanyikan lagu-lagu untuk generasi muda sementara yang tua mungkin tidak terhibur dan malah merasa bosan. Atau mereka yang muda malah malas mendengarkan lagu-lagu yang dari jaman 60an. Untuk bisa menghindarinya, kamu bisa menggunakan hiburan tarian adat, stand up comedy, atau kamu bisa meminta teman atau keluarga untuk secara suka rela menjadi pengisi hiburan resepsi pernikahanmu. Melihat para tamu undangan yang bisa terhibur dan betah pasti memberikan kesenangan tersendiri buat kamu.

  1. Dresscode

Mewajibkan tamu memakai pakainan tertentu sepertinya memang lucu, tapi hindari dresscode yang berlebihan agar tidak merepotkan tamu kamu. Ditambah lagi jika mereka tidak mempunyai dresscode yang diwajibkan, itu bisa saja membuat mereka malas karena mereka harus mengeluarkan uang untuk beli baju. Jadi, lebih baik yang simple aja ya!