Mudik ke kampung halaman sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat lebaran tiba. Mereka berbondong-bondong menuju ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar. Hal itu pun terjadi setiap tahunnya saat lebaran tiba. Minat pemudik untuk berkumpul bersama keluarga besarnya itu tidak tersulut dengan jalanan yang macet. Yaa, jalan macet pun juga sudah menjadi tradisi saat lebaran tiba. Jalan macet ini terjadi karena banyaknya pemudik yang lebih memilih untuk mengendari kendaraan pribadi daripada kendaraan umum. Alasan mereka biasanya karena menggunakan kendaraan pribadi lebih nyaman.

Bagi kalian yang akan mudik, diharapkan agar lebih berhati-hati. Banyak terjadi kecelakaan di jalan raya. Kecelakaan bisa terjadi karena kurang kehati-hatian dari pengemudi kendaraan. Mereka terlalu memaksakan diri untuk tetap melanjutkan perjalanan padahal mereka merasa ngantuk dan lelah. Apalagi di macetnya jalanan ini membuat pengemudi menjadi cepat lelah sehingga konsentrasinya berkurang. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat mudik, lebih baik jika kallian merasa ngantuk atau lelah, kalian bisa beristirahat di rest area yang telah disediakan. Kalian bisa beristirahat sebentar dengan makan-makan atau meregangkan badan terlebih dahulu.

Lakukan beberapa tips berikut agar mudik terasa aman dan nyaman menggunakan kendaraan pribadi:

  1. Periksa barang bawaan.

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya kalian memeiksa barang bawaan kalian terlebih dahulu. Bawalah barang-barang yang kalian butuhkan. Untuk baju mungkin bisa disesuaikan berapa lama kalian akan berada di kampung halaman. Untuk barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan atau bisa dicari di kampung halaman lebih baik tidak usah dibawa. Simpan barang-barang dengan benar dan aman. Dan buatlah sesimpel mungin agar tidak memenuhi kendaraan kalian.

  1. Periksa performa kendaraan

Periksalah terlebih dahulu kendaaran yang akan digunakan untuk mudik. Mungkin bisa diperiksa secara menyeluruh dari kebersihanyya, rem, ban, dan lain-lain. Pemeriksaan kendaraan ini dilakukan untuk menghindari kendaraan mogok atau turun mesin ketika berada dalam perjalanan. Dengan begitu mudik akan terasa lebih aman dan nyaman, sehingga kalian tidak perlu khawatir kendaraan akan mogok di jalan.

  1. Tidak melebihi kapasitas penumpang

Untuk keselamatan dan kenyamanan, hindari muatan berlebih pada kendaraan Anda. setiap kendaraan pasti memiliki kapasitas tesendiri untuk mengangkut penumpang. Jika mengalami kelebihan muatan maka akan berpotensi pada keselamatan seluruh penumpang. Untuk sepeda motor, kapasitas normalnya adalah 2 orang penumpang dengan 1 anak umur dibawah 7 tahun. Untuk mobil, kapasitas normal adalah 7-8 orang tergantung besar mobil. Jika mobil kelebihan kapasitas itu dapat membahayakan keselamatan seluruh penumpang.

  1. Bawa uang, makanan, dan minuman yang cukup

Untuk menghindari kekurangan uang, makanan serta minuman saat perjalanan mudik lebih baik kalian memersiapkannya terlebih dahulu. Bisa saja saat di perjalanan kalian tidak menemukan ATM sehingga kalian tidak bisa mengambil uang. Oleh sebab itu sediakan uang tunai yang cukup selama perjalanan mudik. Membawa bekal saat perjalanan mudik juga penting. Di saat kalian merasa lapar namun tidak menemukan toko atau warung, kalian bisa memakan bekal yang kalian bawa.

  1. Istirahat saat merasa lelah

Perjalanan yang jauh dan macet menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah. Jika merasa lelah sebaiknya kalian segera beristirahat di rest area atau pombensin. Rasa lelah akan membuat konsentrasi terpecah, sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Bawa p3k

Pastikan juga tidak ketinggalan membawa perkakas & kotak P3k. Barang ini cukup penting untuk keselamatan perjalanan mobil dan juga kesehatan seluruh diri sendiri dan seluruh penumpang.

 

Itulah beberapa tips agar mudik kalian terasa aman dan nyaman. Yang utama sebelum memulai perjalanan mudik berdoalah terlebih dahulu agar diberi keselamatan saat perjalanan mudik. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas yang ada untuk keselamatan bersama. Selamat mudik dan selamat Hari Raya Idul Fitri. Hati-hati dijalan yaaa. ๐Ÿ™‚