Hiasan rumah itu sangat diperlukan dalam kehidupan kita. Sejak dahulu, bunga telah mewarnai kehidupan kita. Orang yang sedang menyatakan perasaannya sering menggunakan bunga sebagai sebuah daya pikatnya. Bunga juga digunakan sebagai hiasan rumah atau hiasan kantor. Ia bertindak sebagai penambah keindahan atau fungsi-fungsi yang lain seperti penyegar udara ruangan ataupun agar ruangan terlihat nampak lebih segar dengan adanya berbagai hiasan yang nampak alami dan asri.

Namun sayangnya, kebanyakan orang justru lebih memilih bunga imitasi guna menghindari layunya bunga asli walaupun kurang mendapatkan nuansa segar dan alami yang nyata. Sebenarnya Anda tak perlu khawatir, karena bunga yang asli juga dapat Anda jaga agar tak cepat layu dengan melakukan berbagai cara yang cukup mudah seperti berikut ini

1. Simpan dalam suhu normal dan konstan

Bunga sebaiknya diletakkan dalam suhu normal dan tidak drastis. Letakkan bunga di tempat dengan suhu 7-10 derajat Celsius atau 15-17 derajat Celcius.

2. Hindari dari sinar matahari langsung

Ada bunga yang tidak tahan dengan sinar matahari, tetapi ada juga tanaman yang hanya akan berbunga jika terkena sinar matahari langsung.

3. Jangan semprotkan air pada bunga

Kebanyakan orang berpikir bahwa menyemprot air ke bunga yang sudah disimpan dalam vas bisa membuat bunga segar. Padahal cara ini bisa membuat rangkaian bunga menjadi layu dengan daya tahan kurang dari sehari saja.

4. Potonglah tangkai bawah 1 cm setiap hari

Ketika bunga diletakkan di dalam vas yang berisi air, tangkai paling bawah akan menyerap air. Semakin lama disimpan dalam vas, bunga akan menyerap lebih banyak air. Potong 1 cm tangkai bawah setiap hari, agar bunga tak kebanyakan air. Kebanyakan air hanya membuat bunga menjadi layu lebih cepat.

5. Aturlah air yang ada di dalam vas bunga

Untuk bisa menghindari kebusukan pada batang bunga. Batang yang busuk membuat tampilan bunga tidak segar. Bunga juga menjadi layu lebih cepat.Isilah air ke dalam vas bunga setinggi 2 cm dari tangkai paling bawah, dan ganti air setiap 1-2 hari sekali.

Bagaimana? Mudahkan cara-caranya? Anda dapat menerapkannya dengan mudah di rumah mulai sekarang.

Bunga tidak hanya untuk hiasan rumah. Banyak juga bunga digunakan untuk merayakan momen-momen tertentu yang biasanya seorang pria akan memberikan kepada sang kekasih. Entah saat anniversary ataupun ketika sedang ulang tahun.

Kebanyakan wanita suka dengan yang namanya bunga, apalagi bunga mawar. Jika para wanita diberi bunga mawar yang merah nan indah pastinya mereka akan dengan sungguh – sungguh merawat bunga tersebut agar tidak layu dan selalu fresh. Akan tetapi, ada beberapa perempuan yang tidak mengetahui berapa lama masa untuk bunga mawar bertahan. Bunga mawar dapat bertahan selama 7 hari lamanya, bahkan ada yang dapat mencapai masa 10 hari di dalam vas yang berisi cool water ( air dingin ).Bunga mawar sangat baik jika dipotong di dalam air karena saat batangnya dipotong, bunga ini akan ‘menarik napas’ dan air bisa masuk ke dalam batangnya sebagai hidrasi.

Bagaimana sih menjaga kesegaran bunga?

Berikut beberapa cara agar bunga potong lebih segar dan tahan lama:

  1. Ketika Anda tertarik dengan bunga tertentu, perhatikan dahulu pada bagian bawah batangnya lalu tekan dengan jari. Jika yang anda rasakan keras dan basah juga berarti bunga masih segar. Jika batang terasa lembek, berair, dan berbau artinya bunga sudah berada di luar ruangan pendingin selama 24 jam. Usia bunga terlihat dari kekuatan batang. Kalau keras berarti masih baru. Pilihlah yang memiliki ujung batang bersih.
  2. Pilihlah bunga yang masih dalam keadaan kuncup. Karena bunga yang telah dalam keadaan mekar memiliki usia kesegaran yang tinggal sedikit, sementara yang kuncup akan lebih lama. Lalu letakkan bunga ke dalam vas, dan bunga kuncup akan perlahan mekar.
  3. Sebaiknya ketika membeli bunga, pilihlah keadaan bunga yang mahkota bunganya masih tertutup cone kertas atau plastik, sehingga mahkota terlindungi atau tidak mudah gugur.
  4. Pikirkanlah juga waktu pembelian bunga. Ketika bunga berada di luar wadahnya dengan waktu yang lama, membuat usia kesegarannya semakin pendek. Sebaiknya siapkan tempat yang berisi air untuk antisipasi menjaga usia kesegaran bunga.
  5. Siapkan vas atau wadah khusus untuk meletakkan bunga. Hindari membersihkan wadah bunga menggunakan sabun karena dapat mengubah sifat kimiawi air yang mempengaruhi kesegaran bunga. Lalu isilah air secukupnya.
  6. Sebelum memasukkan bunga ke dalam vas, bersihkan batang terlebih dahulu. Buanglah lendir-lendir yang menempel pada batang dan buang juga daun yang tampak layu. Pastikan bagian yang terendam di dalam air hanya batangnya saja, daun jangan sampai terendam. Karena proses pemasakan dedaunan menghasilkan residu yang berupa karbon dioksida dapat mencemari air sebagai bahan makanan tumbuhan.
  7. Agar bertahan lama, gantilah air dalam wadah setiap hari. Saat mengganti, periksalah bunga bagian batang bawah, jika menunjukkan tanda-tanda pembusukan potong batang bunga sekitar 1 cm.
  8. Tempatkan bunga yang jauh dari paparan matahari langsung dan tiupan angin yang kencang. Jika bunga diletakkan tempat yang ber-AC sebaiknya dikeluarkan di tempat terbuka setiap. Agar bunga mendapat udara segar untuk bertahan lebih lama.

Nah… Cukup sampai disini dulu pembahasaan tentang kesegaran bunganya ya. Semoga bermanfaat.