Fondant atau rolled fondant sering disebut dengan PLASTIC ICING atau kadang disebut juga dengan pasta gula (sugar paste). Fondant adalah bahan dekorasi cake yang cenderung elastis sehingga sangat mudah dibentuk sesuai keinginan. Biasanya fondant digunakan untuk mengcover cake dan juga digunakan untuk membuat hiasan seperti ornamen2 pada cake seperti pita, kerutan/renda, bunga juga figurine.

Fondant dibuat dari campuran gula, gelatin, glucose, glycerin, dan shortening dengan persentase terbesarnya adalah gula sehingga rasanya manis. Membuat adonan fondant cukup repot, maka disarankan untuk membeli adonan fondant yang siap pakai saja di toko bahan kue. Di pasaran merk fondant yang beredar ada 2 yaitu FonDX dan Bakels.

Berikut Cara Menghias Cake dengan Fondant :

1. Siapkan cake terlebih dahulu (sebaiknya utk pemula gunakan ukuran cake yang kecil).
Pilih cake yang jenisnya padat supaya lebih aman (spt Mud Cake, Fruit Cake atau Brownies Kukus yg lbh ekonomis).

2. Siapkan bahan-bahan lain seperti fondant (gunakan yang siap pakai), tepung maizena & pewarna makanan.
Siapkan alat-alat seperti rolling pin, pisau/gunting, jika ada gunakan lazy susan (meja dekor yg bisa berputar) dan sebaiknya semua pekerjaan dilakukan diatas meja marmer yang permukaannya rata & bersih.

3. Uleni fondant hingga terasa lembut. Jika sudah lembut dan elastis, tambahkan sedikit pewarna makanan dan uleni kembali agar warnanya rata. Jangan lupa, saat melakukan menguleni adonan taburi wadah/permukaan meja dan tangan dengan sedikit tepung maizena agar tidak lengket.

4. Buat beberapa warna yang diinginkan sesuai kebutuhannya.
Untuk mengcover cake.

5. Gilas fondant hingga ukuran dan ketebalan yang diinginkan. Jangan terlalu tipis karna lembaran fondant akan mudah sobek.

6. Jika sudah, angkat perlahan ke arah cake yang sudah disiapkan tadi. Mulai dari tepi cake nya, lepaskan lembaran fondant dari rolling pinnya sampai ke ujung tepi cake yang lain.

7. Haluskan bagian permukaannya menggunakan alat atau tangan anda sendiri dengan hati-hati agar tidak ada bagian yang menggelembung akibat udara yang terperangakap.

8. Jika sudah rapi semua kemudian potong bagian sisanya dengan pisau secara perlahan.

SELAMAT MENCOBA!!