Anda mungkin pernah melihat bunga mawar yang mengesankan. Tapi, jika Anda pernah pergi ke Museum Pohon Mawar Tombstone, Anda akan melihat sesuatu yang sangat indah, yaitu pohon mawar terbesar di Dunia.

Batangnya saja memiliki diameter sekitar 3 meter, dan cabang-cabangnya menjalar hingga 2743,2 meter persegi. Bunga ini sudah ada sejak tahun 1885, dan itu masih mekar sampai sekarang, setiap musim semi.

Dilansir dari Oddity Central, bunga mawar putih itu menemukan jalan ke Tombstone, Arizona, dari Skotlandia, lebih dari seabad yang lalu.

Pada tahun 1884, seorang penambang muda bernama Henry Gee dan istrinya, Mary meninggalkan Skotlandia dan pergi ke Amerika Serikat dan menetap di kota legendaris tersebut.

Mary merasa rindu dengan kampung halamannya dan menulis surat kepada keluarganya tentang hal itu. Sebagai balasannya, dia menerima sebuah kotak berisi tanaman dari kebun indah yang sangat dia rindukan.

Mary kemudian memberikan satu potongan mawar kepada seorang temannya yang bernama Amelia Adamson. Mereka berdua menanamnya di dekat hutan di teras belakang rumah Amelia, dan itulah yang tumbuh menjadi semak mawar terbesar di dunia.

Pada tahun 1920, pasangan James dan Ethel Macia membeli rumah tua itu. Saat itu, pohon mawar putih tersebut telah tumbuh sangat besar, sehingga pasangan itu menciptakan sebuah tiang kayu dan pipa logam untuk menyanggahnya.

Pada tahun 1933, John Hix adalah orang pertama yang menyebutnya Pohon Mawar Terbesar di Dunia di kolomnya Strange As It Seems. Pada tahun 1937, Rober Ripley, dari Ripley’s Believe It or Not datang ke Tombstone untuk melihatnya sendiri.

Mawar itu terus tumbuh seiring berlalunya waktu, dan akhirnya mendapat gelar resmi “semak mawar terbesar di dunia” dari Guinness Records.

White Lady Banksia Rose mekar setiap tahun, selama sekitar enam minggu, dari bulan Maret sampai April, dan bahkan memiliki Festival Mawar sendiri, yang menarik ribuan pengunjung.

Saat mekar penuh, pohon tersebut ditutupi oleh ribuan kembang putih kecil, dan baunya bisa tercium satu atau dua blok jauhnya.

Sumber:

http://news.rakyatku.com/read/60163/2017/08/09/pohon-mawar-terbesar-di-dunia-ditanam-tahun-1885

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *