Kebanyakan dari kaum hawa atau wanita itu sangat menyukai bunga karena berbagai alasan salah satunya karena keindahan yang terdapat pada bunga sendiri. Bunga juga merupakan tanaman hias yang sering kita jumpai di setiap rumah-rumah ataupun kantor. Salah satu aksesoris ini bisa membuat nyaman dan enak dipandang adalah rangkaian bunga. Dengan tujuan lain yaitu mempercantik rumah ataupun menghilangkan stress jika melihatnya.

Namun, sayangnya bunga perlu diberikan perawatan khusus karena kesegaran yang tidak bertahan lama antara lain dengan memperhatikan waktu teratur untuk menyiram, merawat, dan juga membersihkan. Jika memang Anda sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan khusus, maka sebaiknya Anda lebih memilih untuk menggunakan rangkaian bunga plastik atau palsu dalam dekorasi rumah atau kantor Anda.

Memanglah bunga plastik tidak dapat menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida dalam rumah. Namun, setidaknya keindahan visual dekorasi rumah atau Anda tetap terjaga. Tetapi bunga plastik tidak berarti tidak perlu dirawat agar warna dari bunga plastik Anda tetap terlihat berkilau dan mengkilap. Hanya saja perawatannya yang cukup mudah. Bunga plastik tidak hanya berguna untuk menghiasi ruangan bahkan untuk acara pernikahan sekalipun bunga plastik bisa dimanfaatkan. Anda bisa merangkai bunga plastik sendiri sesuai selera Anda dengan mudah.

Bagaimana cara merangkai bunga plastik?

  1. Perhatikan ukuran vas atau pot yang akan digunakan.

Buatlah ukuran bunga yang akan dirangkai dengan tinggi yang melebihi ukuran vas atau pot. Supaya tujuan mata pada pertama kali lihat ialah bunga bukannya pot.

  1. Pengisian Vas

Lebih baik mengisi sekeliling dasar vas bunga dengan dedaunan terlebih dahulu. Kemudian dilanjut dengan memasukkan bunga dengan jumlah yang ganjil.

Jika ingin rangkaian bunga yang padat, maka sebaiknya lakukan metode pengelompokan jenis, tekstur dan warna bunga karena tentunya akan memberikan pengaruh visual yang lebih besar daripada merangkai bunga secara acak. Pastikan juga jika rangkaian bunga tersebut tidak hanya berisi dengan satu jenis bunga saja, namun masukan berbagai kelompok bunga lainnya dan atur berdampingan. Dengan ini maka penampilannya akan terlihat lebih menonjol dengan aneka warna yang dominan dimasing-masing kelompok bunganya.

  1. Sesuaikan tinggi rendah bunganya.

Artinya adalah jangan rangkai bunga dengan tangkai bunga yang sama tingginya. Upayakanlah rangkai beberapa kelompok bunga dengan kedalaman yang lebih agar terlihat jauh lebih pendek dan beberapa kelompok bunga sengaja ditinggikan. Maka dari itu, tidak hanya ragam warnalah yang ditonjolkan, namun juga keseluruhan detail rangkaiannya.

Membuat bunga plastik seperti itu tidaklah hanya berguna untuk menjadi hiasan rumah, namun bisa juga menjadi pilihan alternatif sebagai bunga pernikahan juga. Dengan alasan yang sama yaitu kesegaran bunga lagi-lagi menjadi permasalahannya. Rangkaian bunga plastik untuk pernikahan dinilai lebih efektif karena dapat bertahan sangat lama tanpa rasa khawatir yang muncul jika bunga akan menjadi kering dan layu.

Adapun Anda juga bisa merangkai bunga-bunga dengan teknik yang bisa membuat bunga plastik rangkaian Anda terlihat lebih cantik.

Teknik merangkai bunga antara lain yaitu

1.Teknik Basing

Tujuannya adalah memberikan sebuah penekanan rangkaian bunga dari bagian bawah.

Teknik basing lebih memfokuskan pada bagian-bagian bunga yang meliputi tekstur warna, bentuk, dimensi dan juga keseimbangan visual yang sama-sama ditata dengan sedemikian rupa untuk mendapatkan sebuah rangkaian bunga yang harmonis.

2.Teknik Layering

Teknik ini sering disebut dengan istilah stacking yang termasuk bagian dari basing yaitu menyusun rangkaian daun agar terlihat rapi dengan menyusun daun bunga yang dimulai dari ukuran terkecil sampai ukuran terbesar dan dengan mengatur gradasi warna yang harmonis dan memesona.

3.Teknik Terracing

Teknik Terracing merupakan teknik sederhana untuk merangkai bunga. Teknik ini hampir sama dengan konsep tera-sering persawahan yang memiliki beberapa undakan. Yaitu dengan menyusun rangkaian bunga secara bertingkat. Caranya yaitu dengan menyusun dari bunga berukuran paling kecil pada bagian atas dan bunga yang ukuran besar pada ukuran bawah.

4.Teknik Pave

Teknik ini dilakukan dengan cara disusun menjadi sebuah rangkaian bunga secara melingkar  kemudian diisi bunga dengan jenis yang sama dan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Anda bisa memakai beberapa bunga yang memiliki warna cantik, namun tetap kelompokan warna agar tidak tercampur menjadi satu.

5.Teknik Clustering

Teknik ini biasanya banyak dipakai pada sebuah buket bunga yang biasanya dibawa oleh mempelai wanita, yaitu dengan cara merapatkan sebuah rangkaian bunga sehingga terlihat padat. Teknik ini biasanya lebih memfokuskan keindahan dari warna yang dimiliki bunga karena penyusunannya yang sederhana dan rapat.

Untuk mendapatkan rangkaian bunga yang terbaik Anda bisa menggabungkan beberapa teknik diatas.

Beberapa contoh bunga plastik antara lain yaitu

Dengan banyaknya keunggulan yang dimiliki rangkaian bunga plastik. Masihkah Anda ragu untuk lebih memilih bunga plastik karena kualitas? Bunga plastik yang berkualitaspun sekarang telah tersedia banyak. Salah satu kelebihan bunga plastik ialah juga membantu mendaur ulang plastik yang sangat banyak di mana-mana. Maka dari itu dengan adanya bunga plastik, bisa meminimalkan produksi sampah plastik yang ada di Indonesia. Tanpa rasa takut ataupun kecewa dengan kualitas yang buruk.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *