Bunga memiliki berbagai macam jenis dan warna yang berbeda beda. Setiap jenis bunga ini memiliki arti yang berbeda – beda, bahkan bunga dengan jenis yang sama tetapi memiliki warna yang berbeda akan memiliki arti yang berbeda pula. Maka dari itu, tidak heran jika bunga sering digunakan untuk menyatakan perasaan seseorang. Baik itu perasaan cinta, sayang, syukur, duka cita, harapan – harapan di masa depan, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas makna dari salah satu jenis bunga, yaitu bunga heather. Apabila anda penasaran dengan makna dari bunga ini, Simaklah penjelasan lengkapnya berikut ini !

Bunga Heather

Bunga heather merupakan jenis bunga jenis bunga yang berasal dari banyak sekali kawasan yang tersebar di seluruh dunia, diantaranya di Rusia, Ireland, Amerika Utara, dan Skandinavia. Karena bunga heather ini berkembang dengan sangat banyak di Scotland, bunga ini telah dianggap sebagai simbol kebudayaan yang sangat penting di negara ini. Nama “Heather” sendiri diyakini berasal dari bahasa Skotlandia haeddre. yang biasanya digunakan untuk menggambarkan heathland atau habitat semak belukar.

Menurut legenda yang ada di Skotlandia, Malvina yang merupakan seorang putri dari penyair Celtic, bertunangan dengan seorang prajurit yang bernama Oscar. Oskar terbunuh dalam sebuah pertempuran, dan pembawa pesan kemudian menyampaikan pesan kematian Oscar kepada Malvina dan memberikan bunga heather sebagai tanda cinta Oscar. Air mata Malvina kemudian jatuh di bunga heather tersebut dan membuat warnanya menjadi putih. Meskipun dia bersedih, Malvina mendoakan kebahagiaan untuk semua orang dan berharap bahwa siapapun yang menemukan bunga heather putih akan memperoleh keberuntungan.

Tanaman heather sendiri telah sejak lama sering digunakan untuk tujuan praktikal, contohnya saja seperti rantingnya yang digunakan untuk membuat sapu. Selain itu, bunga heather juga digunakan untuk rasa teh dan bir. Biasanya bunga ini akan mekar dari bulan Juli hingga September. Setiap bunga heather kecil biasanya bisa memiliki total biji hingga 30 buah.

Makna Bunga Heather

Arti bunga heather  sendiri berasal dari nama genusnya, yaitu Calluna. Calluna berasal dari kata Yunani “kalluno”, yang memiliki arti membersihkan atau menghiasi. Hal ini sangat sesuai, mengingat tanaman heather pernah digunakan untuk membuat sapu. Secara umum, bunga heather memiliki makna keberuntungan, kekaguman, dan perlindungan. Bunga heather sendiri dapat tumbuh dengan warna putih, ungu, dan pink. Berikut ini makna bunga heather sesuai dengan warnanya :

  • Warna putih → menyimbolkan perlindungan, keberuntungan, atau permohonan yang menjadi kenyataan
  • Warna ungu → menyimbolkan kekaguman, kesendirian

Manfaat Bunga Heather

Selain memiliki warna dan makna yang indah, bunga heather pada abad ke tujuh tercatat memiliki bagian – bagian yang dapat berfungsi sebagai penyembuhan penyakit. Pada abad ke delapan, bunga, daun, dan batang yang ada pada bunga heather tercatat dapat menyembuhkan berbagai macam jenis luka, baik itu luka internal maupun luka eksternal. Nicolas Alexandre yang merupakan seorang biarawan juga mencatat bahwa teh bunga heather dapat melarutkan batu ginjal. Hingga saat ini, heather masih digunakan untuk membantu mengobati saluran kemih dan kondisi pencernaan lainnya.