Bunga adalah salah satu benda wajib yang harus ada pada saat pernikahan, baik untuk dekorasi tempat, untuk dijadikan buket bunga ataupun untuk aksesoris yang dijepitkan pada jas sang pengantin pria. Tentunya bunga yang digunakan oleh setiap negara berbeda – beda, akan tetapi kita akan membahas macam bunga yang identik dengan pernikahan di negara kita yaitu negara Indonesia.

Sebagai contoh pertama, negara kita yaitu Indonesia memilih bunga Melati ( secara tradisional ) untuk dijadikan hiasan pengantin dan ritual pernikahan, sedangkan bunga mawar ( secara modern ) dipilih untuk menjadi penghias hari jadi sebagai pasangan suami – istri yang sah. Bunga Melati yang mempunyai wangi yang khas dijadikan bunga nasional oleh negara kita dan bunga melati tersebut juga memiliki tanda kesucian dan kemurnian kedua pasangan pengantin.

Contoh kedua adalah bunga Mawar merah dan Mawar putih. Mawar merah yang dilambangkan sebagai cinta yang membara antara pengantin pria dengan pengantin wanita, sedangkan Mawar putih dilambangkan sebagai keperawanan dan kesucian.

Contoh ketiga adalah bunga Krisan atau Seruni ( bunga ini relatif murah dan mudah untuk didapatkan ), yang memiliki aroma kuat nan cantik dan mempunyai berbagai warna. Budaya Cina memilih bunga Krisan atau Seruni tersebut karena mempunyai simbol sebagai pemersatu ( kebanyakan warga negara Tionghoa atau keturunan Tionghoa memilih bunga ini untuk pernikahannya ).

Contoh ke-empat adalah bunga Anggrek, bunga yang menjadi lambang keistimewaan antara kamu dengan dia dan menjadi bunga khas Indonesia. Bunga Anggrek ini juga bunga yang paling mahal untuk digunakan dalam pernikahan. Misalnya saja, 1 tangkai mawar dihargai Rp. 5.000,- dan 1 tangkai anggrek bisa dihargai sekitar Rp. 120.000,- per pot.

Contoh kelima adalah Bunga yang elegan, mahal dan cocok untuk kamu yang mempunyai budget lebih, yap… itulah Bunga Lily. Bunga Lily memiliki aroma yang sangat lembut dan tidak terlalu semerbak, memiliki bentuk yang eledan dan warna yang memukau. Sebagai info, bahwa 1 tangkai bunga Lily bisa dihargai sekitar Rp. 50.000,-

Contoh Ke-enam adalah Bunga yang ekonomis, membawa aura ceria dalam pernikahan dan bunga yang cantik, itulah bunga Daisy / Gerbera. Bunga ini sebenarnya cocok untuk segala acara, tetapi jika di dalam hal pernikahan, bunga ini sering dianggap memiliki arti “ berbagi rasa “ yang cocok banget untuk para pengantin.

Contoh ketujuh adalah Bunga Carnation / Anyelir, bunga yang cantik dan menandakan kasih sayang yang selalu mekar. Bunga ini juga bisa dijadikan sebagai buket bunga loh.

Contoh kedelapan adalah Bunga Tulip. Bunga Tulip berasal dari negara kincir angin yang memiliki kesan spesial dan melambangkan cinta kasih.

Contoh terakhir adalah bunga Baby’s Breath. Bunga yang memiliki bentuk kecil dan imut ini identik dengan pernikahan yang modern, bunga ini juga mempunyai aroma yang lembut dan dapat membuat pernikahan sang pengantin menjadi lebih anggun dan modern.

So, calon bride dan calon groom… mana nih pilihan bunga untuk di hari pernikahan kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *