Bunga matahari memiliki makna dan filosofi tersendiri. Filosofi bunga matahari tersebut memiliki arti kesetiaan. Karena penampang bunga ini selalu setia mengikuti arah matahari bersinar. Dia juga memiliki warna kuning yang identik dengan arti kehangatan dan kebahagiaan. Bunga matahari termasuk dalam tanaman semusim dari suku kenikir. Bunga matahari biasanya dapat dimanfaatkan dengan diambil minyaknya, dapat juga digunakan sebagai bahan pangan yaitu biji kwaci, dapat juga dijadikan pakan ternak dan pupuk serta untuk hiasan taman.

Bunga Matahari merupakan jenis bunga majemuk yang terdiri dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada tongkolnya. Bunga matahari memiliki perilaku yang khas yaitu selalu mengikuti arah sinar matahari. Sifat inilah yang mengawali filosofi bunga matahari tersebut, dihubungkan dengan kesetiaan. Selain itu bunga ini juga menjadi bagian bunga nasional Ukraina dan menjadi bunga resmi negara dibagian Kansas, Amerika Serikat.

Bunga matahari bisa tumbuh dimana saja, baik dataran tinggi atau rendah. Karena yang utama adalah harus terkena sinar matahari yang cukup. Dia dapat tumbuh tegak hingga ketinggian 3 meter. Sedangkan daunya merupakan daun tunggal yang memiliki bentuk seperti hati.

Terdapat 4 kelompok budidaya bunga matahari yang dibedakan dari manfaat dan kegunaanya sebagai berikut

Penghasil Minyak

Hasil gambar

Bunga matahari dibudidayakan untuk diambil minyak biji bunga matahari. Kelompok ini memiliki jenis bunga dengan cangkang biji tipis. Dengan kandungan minyak sekitar 48 hingga 52%  jadi untuk menghasilkan 1 liter minyak dibutuhkan sekitar 60 tandan bunga majemuk.

Pupuk Kompos

Gambar terkait

Batang, daun dan serbuk sari bunga matahari dikatakan mengandung fosfor, kalium, kalsium dan magnesium. Nutrisi ini bisa bertahan lama, terutama saat tanah berkurang kondisinya.

Batang bunga matahari muda (yang mudah terurai) dipanen dan dimasukan ke dalam kompos. Satu hektar bunga matahari liar dapat dengan mudah menghasilkan 50-60 ton mulsa untuk pupuk, setiap 60 hari.

Tanaman Hias

Hasil gambar untuk Tanaman Hias bunga matahari

Jenis bunga ini biasanya memiliki warna yang bervariasi dan memiliki banyak cabang dan bunga. Ada yang menaruhnya di vas atau pot tanaman hias. Namun ada juga yang memotongnya dan menjadikannya karangan bunga papan atau buket bunga.

Biji Kuaci

Hasil gambar untuk Biji Kuaci

Saat bunga matahari dipanen, bisa juga diambil khusus bijinya dan diolah menjadi kuaci untuk dijadikan sebagai makanan ringan. Cemilan kuaci populer di kalangan anak muda. Sebenarnya makan biji kuaci ini cukup melelahkan karena isi kuacinya sedikit dan repot karena harus mengupasi kulit bijinya satu per satu. Namun disitulah asyiknya.

FILOSOSI BUNGA MATAHARI

Mari kembali ke bahasan utama lagi. Mengapa dinamakan bunga matahari? Karena ia selalu mengikuti kemana arah cahaya matahari bergulir. Jika diperhatikan saat pagi hari bunga matahari akan menghadap ke timur, dimana matahari terbit. Dan kemudian akan seiring  mengikuti matahari kearah barat dimana matahari terbenam. Sifat dari bunga matahari memberikan arti kesetiaan yang patut dijadikan contoh akan arti dari sebuah kesetiaan. Setia dan patuh pada kodratnya tanpa ada protes.

Baca juga :  Arti warna Bunga Mawar

Nah, bagi kamu yang mencari toko bunga online dengan pemesanan yang mudah dan cepat,  Toko Bunga Online MemeFlorist solusinya!

Mengapa MemeFlorist?

Karena pemesanan bunga yang mudah dan cepat dengan pengiriman ke lebih dari 100 kota dan GRATIS ONGKIR untuk pengiriman ke dalam kota.

bouquet mawar

Memeflorist menyediakan berbagai rangkaian bunga seperti :
Bunga papan, hand bouquet, flower box, special flower, standing flower, table bouquet, cake, dan lain-lain. Dapatkan promo-promo terbaru dengan pesan bunga mudah dan cepat hanya di Toko Bunga Online Memeflorist. Say it with flowers!

Berapapun budget Anda, silakan hubungi salah satu customer service kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *