Pernikahan memang hal yang ditunggu tunggu oleh semua orang. Karena pernikahan adalah hal yang sakral untuk memulai kehidupan yang baru di masa depan dan dilakukan sekali dalam seumur hidup. Dalam pernikahan ada beberapa hal-hal untuk menunjang pernikahan. Apa saja sih hal-hal yang harus ada pada saat pernikahan. Yuk kita simak hal-hal berikut ini.

Mahar Pernikahan

Mahar merupakan hal yang penting dalam pernikahan. Tanpa mahar, pernikahan tidak akan berjalan dengan lancar. Maka dari itu biasanya mempelai pria sudah menyiapkan mahar. Tidak sedikit juga yang harus menentukan jumlah mahar yang akan diberikan.

Jaman sekarang ini anda sudah bisa memesan paket untuk mahar jika anda bingung ingin memberi mahar apa. Dan juga tak lupa biasanya ada cincin pernikahan sebagai pengikat kedua calon pengantin ini.

Resepsi Pernikahan

Mempersiapkan resepsi pernikahan adalah hal yang penting. Anda harus bisa mengelola nya sebaik mungkin agar tidak menjadi beban untuk anda.

Dikutip dari grahamatapel.com ada beberapa yang harus dipersiapkan untuk resepsi pernikahan yaitu:

  • Tempat untuk melangsungkan resepsi

Hal pertama yang perlu dipersiapkan dalam resepsi pernikahan adalah adalah tempat untuk melangsungkan resepsi untuk pernikahan. Resepsi dalam pernikahan merupakan wujud rasa syukur atas kebahagiaan dan juga awal untuk membentuk rumah tangga yang baru.

Dalam melangsungkan acara resepsi pernikahan ini, tentunya Anda perlu menentukan tempat atau lokasi mana yang akan Anda gunakan untuk melangsungkan resepsi tersebut.

Tempat atau lokasi ini perlu Anda persiapkan jauh-jauh hari. Karena biasanya harus memesan tempat terlebih dahulu agar tidak digunakan oleh orang lain untuk melangsungkan resepsi pernikahan yang sama.

  • Dekorasi dalam resepsi pernikahan

Bagian dari resepsi pernikahan yang juga perlu diperhatikan adalah dekorasi dalam resepsi pernikahan. Dekorasi akan mempercantik tampilan dalam resepsi pernikahan yang Anda lakukan. Dekorasi ini akan ditampilkan ke seluruh tamu undangan yang akan datang.

Tentunya pilihlah dekorasi untuk resepsi pernikahan yang sudah berpengalaman. Karena pasti hasil yang akan didapat akan memuaskan dan juga terlihat sempurna ketika resepsi pernikahan sudah berlangsung. Tanpa adanya dekorasi pernikahan, tampilan dalam acara resepsi tidak akan terlihat cantik.

Dan pilihlah buket bunga pengantin dengan bunga yang romantis agar terlihat semakin cantik.

  • Katering yang digunakan

Dalam resepsi pernikahan tak lupa dengan katering yang digunakan. Katering ini nantinya yang akan mempersiapkan segala macam menu makanan yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Pihak katering akan menyediakan makanan sejumlah permintaan dari pihak yang melangsungkan pernikahan.

Katering akan menyediakan makanan tepat pada waktu dilaksanakannya resepsi pernikahan tersebut. Karena makanan ini yang paling penting untuk tamu undangan yang menikmati makan siang sambil menyaksikan pasangan pengantin yang sudah resmi menikah.

  • Rias pengantin

Hal lain yang perlu diperhatikan juga dalam melangsungkan resepsi pernikahan adalah rias pengantin. Rias pengantin ini meliputi make up dan juga baju untuk pasangan pengantin. Make up tentunya digunakan untuk memoles wajah sang pengantin wanita agar tampil cantik sebagai ratu sehari.

Selain itu juga akan merias orangtua maupun mertua dari pengantin tersebut. Make up juga biasanya merias keluarga serta buku tamu yang ada dalam acara resepsi pernikahan tersebut. Selain make up, juga yang paling penting adalah baju pengantin.

Tema dan warna baju pengantin ditentukan oleh pasangan pengantin itu sendiri. Sehingga kewajiban dari pihak perias pengantin menyediakan baju pengantin sesuai dengan permintaan dari pengantin tersebut.

  • Undangan dan souvenir pernikahan

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya dalam melangsungkan resepsi pernikahan adalah undangan dan juga souvenir pernikahan. Undangan dan souvenir pernikahan ditujukan pada tamu undangan yang datang pada saat resepsi pernikahan berlangsung. Sehingga semua tamu undangan bisa membawa pulang kenang-kenangan dari pasangan pengantin sebagai simbol untuk mengenang pernah datang pada pesta resepsi suatu pasangan.

Anggaran Pernikahan

Anda bisa membuat anggaran pernikahan sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan sampai anda menganggarkan biaya pernikahan diluar batas kemampuan anda.

Itulah beberapa hal-hal yang harus dipersiapkan dalam pernikahan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *