Seni merangkai bunga terutama bunga segar, dimasa sekarang ini merupakan salah satu hal yang sangat banyak digandrungi karena dapat melatih kesabaran, ketelatenan, dan mengolah kreativitas dengan membuat bunga menjadi sebuah karya seni yang indah nan memesona. Merangkai bunga sebenarnya bukanlah sesuatu hal yang mudah karena sangat dibutuhkannya sentuhan seni yang tidak semua orang memilikinya. Namun Anda bisa belajar dan mengasah kemampuan dengan terus berlatih membuat berbagai jenis rangkaian bunga. Bagi Anda yang memiliki waktu luang ataupun ingin menjadikan merangkai bunga sebagai ladang penghasilan Anda bisa saja bahkan sangatlah berpeluang besar. Seni merangkai bunga segar pada masa sekarang ini memang tidak diragukan lagi kepopulerannya karena sudah banyak orang yang menggunakan rangkaian bunga sebagai bentuk cinta dan kasih sayang misalnya saja rangkaian bunga yang digunakan untuk acara pernikahan.

Menggunakan rangkaian bunga ketika acara pernikahan memang telah terjadi sangat lama sejak pada zaman Romawi Kuno. Dalam acara resepsi pernikahan sendiri memang banyak sekali yang harus diperhatikan detail-detailnya dan salah satu komponen yang terpenting ialah rangkaian bunga untuk pengantin. Bunga adalah hal yang tiak pernah luput sebagai komponen pernikahan, baik di dalam maupun di luar negeri.Tidak hanya indah dipandang, buket bunga juga dapat melengkapi penampilan mempelai menjadi lebih elegan dan manis.

Anda pun juga perlu mengetahui jenis-jenis bunga untuk pernikahan, antara lain

1.Bunga Melati. Bunga yang harumnya khas ini sudah menjadi sebuah tradisi dalam pernikahan Nusantara.

Bunga ini memiliki banyak makna bagi orang Indonesia, terutama ketika digunakan dalam pernikahan. Bunga ini pertanda kesucian dan kemurnian kedua mempelai. Memiliki aroma yang khas menjadikan penanda bahwa pernikahan baru saja berlangsung.

2.Bunga mawar .

Terdapat dua jenis bunga mawar yang dipakai dalam pernikahan yaitu bunga mawar merah dan bunga mawar putih yang keduanya memiliki makna yang berbeda meskipun masuk dalam satu varian bunga yang sama.

-Bunga mawar merah melambangkan cinta yang membara untuk pengantin yang sedang dimabuk asmara.

Bunga mawar merah memang sudah umum diketahui sebagai lambang cinta. Bunga ini tidak hanya untuk membuat pernikahan terlihat istimewa dan mahal, namun juga melambangkan cinta dan gairah kedua mempelai.

-Sedangkan untuk bunga mawar putih sebagai perlambangan keperawanan dan kesucian

Bunga ini lebih sering digunakan dalam pernikahan daripada mawar merah karena mawar putih merupakan lambang kemurnian dan kesucian. Maka dari itu bunga ini cocok sebagai dekorasi pasangan pengantin muda yang baru menikah pertama kali.

3.Bunga Krisan atau Seruni. Bunga yang memiliki aroma kuat dan cantik yang sedia dengan berbagai warna.

Bunga ini sering ditemui dalam pernikahan dalam negeri, mungkin karena harganya yang relatif murah dan mudah didapat di Indonesia. Bunga yang memiliki simbol dalam budaya Cina sebagai yang mempersatukan, sehingga bunga ini sering digunakan dalam pernikahan adat Tionghoa.

4.Bunga Anggrek. Bunga yang memiliki lambang keistimewaan pasangan.

Bunga ini merupakan salah satu bunga yang paling mahal untuk digunakan dalam sebuah acara pernikahan dan mengandung lambang keistimewaan tiap pasangan. Setangkai anggrek bisa dihargai sekitar 120 aaaaribuan per pot.

5. Bunga Lily. Bunga yang elegan dengan harga selangit.

Bunga ini termasuk bunga yang paling cantik untuk digunakan dalam acara pernikahan. Beraroma sangat lembut dan tidak terlalu semerbak. Bentuknya elegan hadir dengan berbagai macam pilihan warna yang memesona. Namun, bunga ini memang lebih cocok untuk mereka yang punya budget berlebih, karena satu batangnya dihargai sekitar 50ribuan.

6. Bunga Daisy atau Gerbera. Ekonomis dan cantik. Auranya membawa nuansa ceria bagi pengatin.

Bunga ini cocok untuk segala macam acara tidak hanya acara pernikahan karena tidak cuma cantik tapi juga sangat ekonomis. Harganya kurang lebih sama dengan harga mawar atau bahkan kurang. Bunga ini memiliki makna “berbagi rasa” yang cocok sekali untuk para pengantin.

7. Carnation atau Anyelir. Bunga cantik yang terlihat “megar” sebagai penanda kasih sayang yang selalu mekar.

Bunga ini yang juga termasuk bunga yang paling ekonomis untuk dijadikan dekorasi acara pernikahan. Bunga anyelir memiliki tekstur “megar” dan penuh yang cantik sekali untuk dijadikan hiasan maupun buket bunga.

8. Bunga Tulip. Bunga yang berkesan spesial sebagai perlambangan cinta kasih

Menggunakan bunga tulip sebagai dekorasi untuk pernikahan akan menambah kesan spesial. Bunga sering dianggap mahal karena notabene berasal dari luar negeri. Padahal, untuk ukuran bunga luar Indonesia, bunga tulip harganya relatif murah karena hanya dijual sekitar 30 ribuan per tangkai. Dikarenakan bunga tulip yang sudah bisa ditanam di iklim lokal Indonesia ini.

9. Baby’s Breath. Bunga kecil nan imut yang identik dengan pernikahan modern.

Bunga ini agaknya memang baru menjadi tren akhir-akhir ini. Karakteristiknya yang chic dan simpel disertai aroma yang lembut, namun baby’s breath bisa membuat pernikahan terlihat anggun dan modern.

Nah, itulah jenis-jenis bunga yang identik dengan pernikahan. Karena seni merangkai bunga pernikahan sekarang ini sangat diminati dari berbagai kalangan yang akan melangsungkan acara pernikahan. Dan rangkaian bunga pun tidak hanya diminati saat acara pernikahan saja, bagi sebagian besar orang yang merayakan momen spesial juga membutuhkan rangkaian bunga yang indah nan cantik. Jadi, jika Anda memiliki waktu luang tidak akan sia-sia jika sembari menghabiskan waktu dengan hal-hal yang bermanfaat yang bahkan bisa menghasilkan uang karena usaha ini sangatlah menguntungkan jika dijalankan.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *