Wisuda tentunya merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi para mahasiswa dan keluarga masing-masing juga orang terdekat. Perjuangan dalam menghadapi berbagai rumit dan beratnya yang harus ditempuh selama masa-masa kuliah. Wisuda sendiri merupakan suatu proses pelantikan kelulusan yang dilangsungkan untuk para mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas.

Tentunya bagi wisudawan atau wisudawati yang berhasil memperjuangkan pendidikannya hingga akhir tentu akan merasa sangat bahagia dan haru ketika melangsungkan acara wisuda. Apalagi jika terdapat seseorang terdekatnya memberikan hadiah atas kelulusannya maka akan semakin senang atau bahkan terharu.

Tentunya jika ingin menciptakan suasana yang seperti itu, maka para orang terdekat dengan wisudawan atau wisudawati akan berlomba-lomba untuk memberikan bentuk apresiasi. Hadiah kelulusan ketika acara wisuda memanglah beragam, namun hingga saat ini kado kelulusan yang menjadi pilihan yaitu bunga.

Memberikan buket bunga wisuda memang bukanlah sesuatu hal yang jarang lagi. Bahkan di berbagai belahan dunia pun, memilih buket bunga untuk menjadi hadiah kelulusan orang terdekatnya. Tak terkecuali dengan negara Indonesia.

Memanglah bunga sering digunakan sebagai hadiah atau kejutan, jadi untuk kado kelulusan pun tak ada masalah. Namun, jika Anda ingin memberikan buket bunga wisuda untuk hadiah kelulusan, maka Anda pun juga mengetahui beberapa tips memilih bunga untuk acara wisuda agar menjadi lebih sempurna lagi.

Tips memilih bunga untuk acara wisuda antara lain

•    Telitilah Ketika Memilih Bunga

Jika Anda benar-benar menginginkan buket bunga yang terindah, maka sebaiknya Anda memilih sendiri bunga satuan hingga dapat menjadi sebuah rangkaian bunga. Pilihlah bunga yang masih segar dengan keharuman alami, tidak memiliki bercak-bercak hitam atau cacat di bagian mahkotanya.
Dengan memilih satu per satu bunga yang akan dirangkai, Anda dapat memastikan kesegaran bunga tersebut. Anda juga bisa memilih bunga yang sesuai dengan makna yang ingin Anda sampaikan kepada para wisudawan.

•    Pilih Rangkaian Bunga Sesuai Warna Favorit Wisudawan

Jika mendapat warna bunga sesuai favoritnya tentu akan menambah rasa bahagia sang wisudawan atau wisudawati. Jadi, Anda bisa mengombinasikan beberapa bunga yang memiliki warna netral dengan warna favorit wisudawan. Beberapa contoh bunga dengan warna tertentu berikut mungkin juga dapat menjadi panduan bagi Anda.

1.    Merah : Gerbera, Jengger Ayam (Celosa), Dahlia, Mawar Merah, Anthurium, Lily Sumatera, Krisan (chrysanthemum).
2.    Kuning : Carnation, Anggrek Bulan Mini, Calla Lily (Zantedeschia), Mawar Kuning, Bunga Matahari, Terong susu (Solanum).
3.    Biru : Aster, Krisan, Hydrangea, Anggrek Dendrobium, Mawar Biru (biasanya dengan pewarna buatan).
4.    Oranye : Mawar Oranye, Anyelir, Aster Oranye.
5.    Merah Muda dan Ungu : Mawar, Aster Mini (Dendranthema), Anggrek, Anthurium Ungu.

Sementara untuk memadukannya, Anda dapat memilih warna bunga putih sebagai bunga yang netral, seperti pada bunga Sedap Malam dengan wanginya yang khas, bunga Baby Breath (Gysophila) dengan ratusan bunga berukuran kecilnya yang cantik, atau Daisy yang sederhana namun tetap menawan.

•    Pilih Bunga dengan Warna Cerah dan Tegas

Apabila Anda tidak begitu mengetahui warna yang disukai si wisudawan atau wisudawati, maka Anda bisa memilih rangkaian bunga dengan warna cerah.

•    Pilih Sesuai Warna Toga Almamater

Kebanyakan warna jas toga almamater memang hitam, yang artinya cocok dipadukan dengan segala jenis warna bunga. Namun, ada pula beberapa universitas yang memiliki toga berwarna cerah seperti merah dan biru.
Rangkaian bunga berwarna kuning tentunya akan lebih menyala saat dipadukan dengan toga yang berwarna merah atau biru. Hindari rangkaian bunga yang berwarna sama dengan warna toga karena nantinya akan terasa monoton dan kurang begitu terlihat rangkaian bunganya.
Akan lebih baik jika warna bunga yang diberikan merupakan warna komplementer dari toga almamater . Warna komplementer adalah warna yang berkesan saling berlawanan sehingga membuat efek yang bagus.

•    Jika masih bingung, maka pilihlah mawar

Jika Anda juga tidak mengetahui warna apakah toga almamater wisudawan atau wisudawati yang akan diberikan buket bunga wisuda, maka Anda bisa memilih bunga mawar saja yang memang cocok diberikan dalam suasana merayakan kebahagiaan. Untuk para wisudawan pria, ada baiknya untuk memilih rangkaian bunga mawar berwarna putih netral, sedangkan untuk para wanita Anda bisa bebas memilih rangkaian bunga mawar yang kira-kira warnanya sesuai dengan kepribadian wisudawati.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *